Warung Nasi Buka Siang Dirazia

Tampak petugas Pol PP mendatangi warung yang buka pada siang hari saat Ramadhan. Poto:wahid
Tampak petugas Pol PP mendatangi warung yang buka pada siang hari saat Ramadhan. Poto:wahid

Pemilik Mengaku Tak Mengetahui Himbauan Bupati

SAROLANGUN – Aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) bersama jajaran TNI/Polri dan instansi terkait, Rabu (15/05) kemarin melakukan razia ke sejumlah warung nasi yang masih buka di siang bolong pada saat bulan suci Ramadhan.

Kasat Pol PP Riduan, SSTP, mengatakan, bahwa kegiatan razia tersebut dilakukan dalam rangka menindak lanjuti edaran dan himbauan Bupati Sarolangun Cek Endra, agar seluruh pemilik rumah makan tidak buka pada siang hari selama Ramadhan. Rumah makan wajib tutup pada pagi hingga pukul 15.00 dan boleh buka pukul 15.30 Wib.

“Ya, tadi kita lakukan razia menyasari para pemilik warung makan yang masih buka di siang hari saat puasa. Ada 6 tempat yang kedapatan buka, di Kecamatan Sarolangun,” katanya.

Ke enam titik tempat warung makan yang buka tersebut, berada di lokasi di arah Bernai, Pasar Atas Sarolangun, arah ke Tanjung Rambai. Secara etika sosial kemasyarakatan, tentu jika warung buka pada siang bolong akan mengganggu kenyamanan dan kekhusukan masyarakat berpuasa.

“Kita minta pengusaha rumah makan itu tutup sesuai dengan himbauan pak Bupati, keterangan pemilik kebanyakan tidak tau soal himbauan. Rumah makan yang kita datangi semua bersikap kooperarif dan mau mengikuti yang kita sampaikan,” katanya.

Terhadap rumah makan yang masih buka itu cukup banyak dan kami sudah memperingati agar tidak mengulangi membuka pada siang hari.(so31)