KECAMATAN SINGKUT SEPUTAR SAROLANGUN TEKNO & OTOMOTI

Warga Singkut Ciptakan Penetas Telur dari Elpiji

UNGGULAN: Tampak alat penetas telur bebek yang menjadi dipamerkan di pagelaran TTG Nasional di Sulteng beberapa hari yang lalu. Poto:wahid

SAROLANGUN-Kabupaten Sarolangun menjadi salah satu daerah yang ikut pada kontes nasional Tekhnologi Tepat Guna (TTG) pada minggu lalu. Kala itu Bupati Cek Endra bersama Ketua TP-PKK Ny Rosita Endra dan Dinas PMD berangkat kesana dengan menampilkan teknologi unggulan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

Dalam pagelaran TTG nasional itu, Kabupaten Sarolangun memamerkan alat peneteas telur bebek, asal Desa Sendang Sari, Kecamatan Singkut, yang berhasil meraih predikan juara I pada tingkat Provinsi Jambi tahun 2017 ini.

Tentu alat penetas telur bukan alat biasa seperti penetas telur pada umunya dari tenaga listrik. Alat ini malah dari gas LPG yang pertama kali ditemukan oleh warga Sendang Sari bernama Pak Jaya, asal Sumedang, Jawa Timur.

Ide pembuatan itu pertama muncul dibenak Pak Jaya pada tahun 2016 lalu. Karena di desanya mengalami kesulitan dalam penetasan telur bebek secara alami dalam jumlah skala besar, maka alat penetasan telur dari gas ini pun dibuat dan ternyata berhasil.