sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Warga SAD Sekamis Dapat Dana Desa

BANTUAN: Tampak Kades menyerahkan bibit jernang kepada warga. Poto:adi

SAROLANGUN-Warga Suku Anak Dalam (SAD) di Desa Sekamis Kecamatan Cermin Nan Gedang mendapat bantuan dari pemerintah desa setempat yang bersumber dari Dana Desa (DD). Kepala Desa Sekamis M Aris, kepada Sarolangun Ekspres belum lama ini menyebutkan, sebagai Kades dirinya tak pernah membeda-bedakan warganya.

‘’Semua warga saya perlakukan sama, tidak ada pandang bulu, semua mendapat pelayanan yang sama dari kami selaku pemerintah desa,’’ tandasnya.

Demikian halnya warga SAD menurut Kades mendapat hak yang sama seperti warga pada umumnya. Saat pembagian bibit rotan jernang beberapa waktu yang lalu yang dilakukan pemerintah desa Sekamis, warga SAD di desa tersebut juga mendapatkannya seperti warga lainnya.

‘’Meski warga SAD sudah ada jatah bantuan dari instansi terkait, tapi setiap ada program dari desa, mereka juga tetap dapat, sebagai Kades saya tidak pernah membeda-bedakan latar belakang,’’ ucapnya lagi.

Seperti diketahui, Desa Sekamis Kecamatan Cermin Nan Gedang (CNG) menargetkan jadi sentra penghasil getah Rotan Jernang di Kabupaten Sarolangun. 178 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Sekamis mendapatkan bibit Rotan Jernang gratis dari desa yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2017.

‘’Setiap KK mendapatkan 79 batang bibit Rotan Jernang,’’ kata M Aris.

Dana Desa dialokasikan untuk pembelian bibit Rotan Jernang berdasarkan hasil keputusan musyawarah desa. Sebab budidaya Rotan Jernang dinilai sangat potensial sebagai penunjang ekonomi masyarakat Desa Sekamis yang sebagian besar merupakan petani karet.

‘’Selama ini mata pencaharian masyarakat hanya terfokus pada motong (menyadap) karet. Dengan budidaya jernang ini Insya Allah perekonomian masyarakat Desa Sekamis tambah maju menuju Ekonomi yang Mandiri pada tahun 2022,’’ ucap Kades Sekamis.(so9)