sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Warga Muara Air Dua Batang Asai Gelar Kenduri Desa

KENDURI EMAS
KENDURI: Tampak penampilan tarian tradisional dalam acara kenduri desa. Poto:rian

BATANG ASAI-Warga Desa Muara Air Dua Kecamatan Batang Asai, Sabtu malam  (27/8) mengadakan tradisi tahunan yakni Kenduri Desa dalam rangka turun ke sawah.

Kepala Desa Muara Air Dua Sukardi, kepada harian ini mengatakan, kenduri desa dalam rangka turun ke sawah dilakukan setahun sekali di setiap desa yang ada di marga Bathin Pengambang. Dengan tujuan mengingat adat lama pesako usang.

“Tujuan kenduri desa untuk mengajak mayarakat atau petani untuk bersama sama turun ke sawah serentak dengan tanggal yang ditentukan oleh ninik mamak sebagai pemangku adat yang bernamo Terawang Lidah selaku orangtuo yang menegak atau menerima sebingkah tanah sekaki payung,” kata Sukardi.

Kenduri desa juga diadakan doa bersama agar musim tanam berhasil dan panen melimpah, terhindar dari hal hal yang tak diinginkan.

Disebutkan Sukardi, sebelum Kenduri Desa juga dilakukan panen Lubuk Larangan. Ikan hasil panen Lubuk Larangan akan dijadikan lauk pauk untuk warga dan para undangan yang hadir dalam kenduri desa tersebut.

Dalam kenduri desa tersebut masyarakat sama-sama mendengar keputusan aturan mengenai sawah dan ternak kerbau.

Hadir dalam kenduri Desa Muara Air Dua Kapolsek Batang Asai Iptu Ir Zulheri dan perwakilan kecamatan dan para tokoh masyarakat Bathin Pengambang.(so9)