sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Wabup Hillalatil Badri Buka Turnamen Sarolangun Gateball Championship Tahun 2020

Wakil Bupati Sarolangun, H Hillalatil Badri Jumat (25/9) membuka kegiatan turnamen Sarolangun Gateball Championship tingkat Provinsi Jambi. Turnamen yang memperebutkan piala bergilir Bupati Sarolangun itu, dihelat di di Lapangan Sriwijaya Laman Basamo.

Pembukaan turnamen tersebut ditandai dengan pemukulan bola Gateball secara simbolis oleh Wakil Bupati Hillalatil Badri beserta jajaran Forkompinda Kabupaten Sarolangun.

Ketua panitia pelaksana, Guldi Afrianto mengatakan, turnamen Gateball  dalam mempereburkan piala bupati Sarolangun itu merupakan open pertama yang dilaksanakan dalam wilayah Provinsi Jambi yang digelar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kabupaten Sarolangun.

Kompetisi ini diikuti sebanyak 65 tim atau regu dari berbagai Kabupaten dalam wilayah Provinsi Jambi. Terdiri dari 30 regu clasik dan 35 regu triple clasik.

“Peserta ada dari Jambi, Merangin dan kita sendiri dari Kabupaten Sarolangun. Pelaksanaan selama tiga hari mulai 25 sampai 27 September sudah dijadwalkan setiap pertandingan, para peserta akan datang sesuai jadwal,”katanya.

Dalam kompetisi itu juga, para tim yang berhasil meraih prestasi akan diberikan trophy, piagam dan uang pembinaan. Untuk regu clasik, Juara I akan mendapatkan uang tunai Rp 5 juta, Juara II Rp 3 Juta, juara III Rp 1,25 Juta dan Harapan I mendapatkan Rp 750 ribu.

“Sedangkan untuk regu triple clasik, juga mendapatkan trophy, piagam dan uang pembinaan. Juara I mendapat Rp 3 juta, Juara II sebesar Rp 1,5 Juta, Juara III sebesar Rp 1 Juta dan harapan I sebesar Rp 500 ribu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Harian Pergatsi Kabupaten Sarolangun Zainul Arifin mengatakan. kegiatan turnamen ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan silaturahmi khususnya para pengurus Pergatsi di Provinsi Jambi, dalam membina para atlit Gateball yang lebih baik lagi kedepannya.

Khusus di Kabupaten Sarolangun, olahraga ini tentunya sudah mulai dikenal oleh masyarakat, sebab sudah lebih dari satu tahun lamanya olahraga Gateball ini dikenalkan.

“Alhamdulillah, sampai saat ini sudah banyak kelompok masyarakat yang mulai menggandrungi olahraga ini. Makanya tujuan kami menyelenggarakan turnamen ini guna untuk melibatkan peran serta masyarakat, sehingga harapan kita olahraga Gateball bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Sarolangun, “katanya.

Sementara Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri mengaku sangat mengapresiasi pelaksanaan turnamen olahraga Gateball ini, sebab melalui kegiatan tentu kedepan akan muncul bibit-bibit pemain baru serta menunjang prestasi bagi generasi muda, walaupun olahraga Gateball ini baru mulai dikenal oleh masyarakat Sarolangun khususnya dan umumnya provinsi Jambi.

“Maka tentunya turnamen Gateball ini sangat penting, sebagai wahana olahraga bagi masyarakat dan saya harap turnamen ini kedepan menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pengurus Pergatsi Sarolangun,”katanya.

Wabup juga berharap para peserta dalam turnamen agar mengikuti kompetisi ini dengan baik dan mengedepan nilai-nilai sportifitas sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik.

“Selesai bermain, kita harap tidak ada merasa yang kalah dan merasa yang menang, tapi semuanya bergembira. Saya berterima kasih terhadap panitia pelaksana yang telah mempersiapkan dan melaksanakan turnamen ini dengan baik, semoga kedepan lahir generasi muda kita yang menjadi pemain Gateball yang berprestasi,” katanya.

Hadir dalam kegiatan itu Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomy Radya Lubis, Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiyono, Sik, MTCP, CFE, Kepala Kemenag H M Syatar, Kadisparpora Drs Muhammad Idrus, Ketua KONI Sarolangun Syamsul Riduan, ST, Camat Sarolangun Huzairin Saman, S. Pd. I, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Sarolangun Hadi Sarosa, ST,  Pengurus Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Kabupaten Sarolangun serta peserta pertandingan Gateball Se-Provinsi Jambi.(se31/adv)