sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Wabup Hadiri Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM

Wabub Hillalatil Badri Menghadiri Pelatihan Kewirausahaan Mandiri UMKM di ruang pola Kantor Bupati Sarolangun. Foto:Wahid

SAROLANGUN– Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri hadiri pelatihan kewirausahaan mandiri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam kabupaten Sarolangun di ruang pola Kantor Bupati, Kamis (25/02).

Pelatihan kewirausahaan tersebut diselenggarakan Indomaret melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) bagi para pelaku usaha dari berbagai UMKM, yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan UMKM dalam produk yang dihasilkan.

Pelatihan diikuti puluhan pelaku UKM dari kecamatan sekabupaten Sarolangu. Selain itu turut hadir secara daring Purwanto Wahyudi Sebagai Microeconomics Project Executive Indomaret dan Hargo Suseno Sebagai Manager CSR.

Deputi Branch Manager Indomaret Cabang Dedi Setiawan mengatakan, pelatihan ini diharapkan membawa dampak baik untuk para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kabupaten Sarolangun, khususnya untuk membuat pelaku UMKM lebih kreatif, berinovasi dan mandiri di tengah wabah pandemi virus corona saat ini.

“Tujuan ini berikutnya, untuk mempromosikan produk mereka yang di sampaikan tadi ada kesulitan untuk pemasaran. Mudah-mudahan dengan hadirnya Indomaret khususnya di kabupaten Sarolangun, bisa menerima dan memberikan tempat khusus,” katanya.

Ia berharap agar para pelaku UMKM dapat bersinergi bersama Indomaret kedepannya. Selain itu Indomaret memberikan berbagai macam door prize, salah satunya dua gerobak dan berbagai macam door prize menarik lainya.

Bagi pemenang door prize gerobak, ia bisa berjualan selama satu bulan di depan Indomaret yang ada di Indomaret secara gratis.

“Manfaat dari pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM yang diadakan Indomaret, lebih membuat kreatif dan berinovasi, lebih bisa masuk ke pasar modern. Artinya produk-produk mereka bisa bersaing di Sarolangun hingga sampai nasional. Masuk kesemua gerai kita,”katanya.

Selanjutnya, menjalankan program pemerintah yakni menjalankan instruksi presiden membantu pengembangan usaha UMKM dalam masa Covid-19 saat ini.

“Tujuan utamanya, lebih kemasan, bahasanya kalo dikaji akurasi, ukuran berat dan isi. Harapannya mereka ditampilkan di sini ada seleksi dari Dinas Perindagkop Sarolangun sama Indomaret. Nantinya, beberapa produk yang telah terseleksi ini akan kami masukkan ke gerai Indomaret,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sarolangun, Hillalatil Badri mengucapkan terimakasih kepada pihak Indomaret, yang telah menyelenggarakan dan memfasilitasi kegiatan pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM tersebut di wilayah Kabupaten Sarolangun.

“Harapan kita dengan adanya pelatihan ini, agar UMKM kita lebih profesional dalam penyajian kualitas dan motto pada pelatihan hari ini,” katanya.

Wabup juga mengharapkan kedepan memang pihak Indomaret bisa menampung hasil produk karya dari UMKM yang di Kabupaten Sarolangun, sehingga dapat membantu para pelaku usaha lebih maju khususnya dalam bidang pemasaran.

“Sehingga kita bisa memasarkan produk UMKM. Selama ini kita kesulitan, kita bisa membuat tapi pemasaran kita kadang-kadang terkendala. Maka dari itu saya berharap kerja sama pemerintah dan Indomaret, bagaimana UMKM kita yang ada di yang ada di Sarolangun, bisa tersalurkan hingga sampai nasional,”katanya. (so31)