sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Usulan Penerimaan 3.572 CPNS Masih Ngambang

tes-cpnsMUARABULIAN-Diakhir tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Batanghari, sepertinya akan gigit jari lagi soal penerimaan CPNS. Sebab, kouta sebanyak 3.572 yang diajukan kepada Menpan Pusat, belum ada jawaban sampai saat ini.

Dari catatan BKPPD Batanghari yang diperoleh harian ini, sejak tahun 2009 lalu, sampai tahun 2016 ini, Pemkab Batanghari tidak pernah berpeluang membuka CPNS untuk menambah pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Batanghari.

Kepala BKPPD Batanghari, M Rifai Kadir kemarin (1/12) merincikan, bahwa jumlah pegawai negeri sipil yang aktif di Pemerintah Batanghari saat ini, berjumlah 5.724 orang. Namun, pada akhir tahun ini, akan ada ratusan yang memasuki masa pensiun, itu dari profesi Kependidikan, yaitu guru.

“Terus terang kita kekurangan pegawai untuk kelangsungan roda Pemerintahan Batanghari ini, saat ini berjumlah 5.724 orang pegawai aktif dari ideal 9.000 orang pegawai, aritinya kita masih kekurangan sekitar 3.572 lebih pegawai lagi,”rincinya.

Dirinya pun menjelaskan, dari situs online Menpan, bahwa Pemerintah Batanghari berketeria dan sangat berpeluang besar untuk membuka CPNS dari persyaratan yang ada. Namun, sampai akhir tahun 2016 ini, Menpan belum memberikan jawaban untuk membuka CPNS.

“Secara aturan, kita sudah memenuhi syarat, tapi kita tidak tau apa sebabnya, mungkin Menpan masih memberlakukan moratorium itu, kita tidak tau seperti apa tahun 2017 nanti,”ucapnya.

Sambung Rifai, tipis kemungkinan Pemkab Batanghari membuka lowongan CPNS tahun 2016 ini, waktu tinggal satu bulan. Jika tidak ada pembukaan hingga akhir tahun 2016 ini, pihaknya akan terus mendesak Menpan, dan ditahun 2017 kemungkinan besar Kabupaten Batanghari bisa membuka peluang penerimaan CPNS.

“Saat ini kita terus mendesak Menpan di Jakarta, tinggal menunjuk juknisnya, insyallah jika tidak terkejar di tahun 2016 ini. Tahun 2017 akan kita usahakan,”ujar Rifai.

Masih kata Rifai, pihaknya sangat berharap, penerimaan CPNS nantinya bisa mencukupi kekurangan pegawai di jajaran Pemkab Batanghari. Keoptimisan Rifai ini, didasari oleh terpenuhinya persyaratan yang diminta oleh Menpan.

“Untuk Formasi dalam penerimaan CPNS dari kuota 3.572 CPNS yang diajukan, 75 persennya adalah medis dan tenaga pengajar. Karena, Kabupaten Batanghari sangat kekerungan dua bidang profesi ini,”tutupnya.(hur)