sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Tujuh Rekanan Dinas PU Kembalikan Kerugian Negara

SAROLANGUN-Kerugian negara yang ditemukan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) pada tahun 2015 lalu hingga milyaran rupiah akhirnya dikembalikan oleh pihak rekanan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sarolangun pada 23 Januari lalu.

Baca juga : Temuan BPK Rp 2,1 Miliar di Dinas PU Sarolangun Terindikasi ada Korupsi

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt Dinas PU Arief Hamdani, melalui Kasubag Keuangan DPU Sarolangun Imam Suryansyah, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, kemarin.

“Kalau untuk temuan BPK pada tahun 2015 lalu sudah dikembalikan pihak rekanan melalui kami (DPU, red). Untuk total nilai temuannya sekitar Rp 2,1 Milyar, tapi sudah dicicil sejak 2016 lalu, dan kekurangannya sekitar Rp 1,1 Milyar dikembalikan 23 Januari 2017 lalu oleh pihak rekanan,”kata Imam Suryansyah.

Dijelaskannya, dua rekanan yang baru saja menggembalikan kerugian negara pada Januari 2017 ini yakni PT. Bintang Mega Perkasa dan PT. Bintang Cakra Karya dengan kegiatan Peningkatan Jalan desa Panca Karya – Maribung dan Peningkatan Jalan Panti – Sekamis.

Baca Juga : ALAMAK…!Temuan BPK Dinas PU-PERA Sarolangun Sebesar 2,1 M Belum Juga di Kembalikan
Saat ditanya apakah ada sanksi bagi pihak rekanan terkait tindak lanjut hasil temuan BPK di Dinas PU pada tahun 2015 lalu, Imam Suryansyah menjelaskan, pihaknya tidak memberikan sanksi kepada pihak rekanan karena dianggap proaktif dalam menggembalikan kerugian negara.

“Kalau sanksi kepada pihak rekanan atas temuan BPK sepertinya tidak ada, karna memang proaktif mau menggembalikan kerugian negara. Tapi seandainya tidak ada itikad baik, baru kami tindak lanjuti,”terangnya.

Sementara itu, untuk temuan BPK pada tahun 2016, Imam mengaku belum menindaklanjuti persoalan tersebut, sebab, pihaknya baru saja mendapatkan surat dari pihak Inspektorat untuk jumlah nominal kerugian negara.

“Untuk temuan BPK pada tahun 2016 sekitar Rp 738 juta. Tapi dalam waktu dekat ini akan dikembalikan secepatnya,”tandas Imam Suryansyah.(so9)