sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Tidak Semua Warga Bisa Nyoblos Pada Pilbub Sarolangun 2017

suasana rapat pokja pemutakiran data pemilih di Kantor KPUD sarolangun. Photo: ist

SAROLANGUN-Tidak semua warga yang berdomisili di Kabupaten Sarolangun memiliki hak pilih pada Pilkada Februari 2017 mendatang, kendatipun sudah berusia diatas 17 tahun.  Warga yang memiliki hak pilih harus memiliki KTP atau surat keterangan dari Dukcapil di Kabupaten Sarolangun.

Keterangan ini ditegaskan, Devisi sosialisasi KPU Sarolangun, Muhammad Fakhri saat dmintai keterangan, belum lama ini. Menurutnya, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih tidak menginput data pemilih bagi mahasiswa, pelajar, pekerja dan pemilih yang telah tinggal di daerah pemilhan Sarolangun, tetapi tidak memiliki KTP atau surat keterangan Disdukcapil.

“Kabupaten Sarolangun rawan akan didatangi oleh perantauan sebab Sarolangun berada di jalur lintas sumatera yang memiliki sejumlah perusahaan perkebunan dan pertambangan, tentu saja para pekerja yang tidak memiliki identitas yang jelas,  maka tidak terdaftar sebagai pemilih,”sebutnya.

Ditambahkan, untuk rekap daftar pemilih A.KWK Pilkada Sarolangun dari 149 desa dan 9 kelurahan berjumlah, 258.876. Namun, jumlah A.KWK tersebut akan disinkronisasikan dengan daftar penduduk pemilih pemilihan dengan DPT terakhir Pilgub berjumlah 190.700.

“Data A.KWK berjumlah 258.876 bukan telak untuk data DPT, namun data dasar yang harus diteliti sesuai dengan tahapan yang harus dilakukan oleh penyelanggara. Tanggal 5 hingga 7 September 2016 dilakukan penyerahan  model A.KWK dan dokumen lainnya ke panitia pemutakhiran data, selanjutnya dilakukan dilakukan monitoring coklit, pengumuman DPT dilakukan pada 17 Desember hingga 15 Februari 2016,”sebutnya.

Ditanya, apakah potensi DPT akan mengalami kenaikan, jika dibandingkan dengan Pilgub, waktu yang lalu, Muhammad Fakhri tidak bisa memastikan. Namun ia menilai jumlah DPT sedikit berpeluang mengalami kenaikan, karena adanya muncul pemilih pemula, pensiunan TNI dan Polri. Namun, hal tersebut akan dilihat dari jumlah kematian.(so10)