sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Terkendala Listrik, Batang Asai Belum Dikunjugi Perekam KTP-el

REKAM DATA: Tampak perekaman data kependudukan dilakukan disalah satu sekolah. Poto:ist

SAROLANGUN-Sebagai langkah persiapan mengikuti tahun politik 2019 mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sarolangun bertekat merampungkan perekaman data kependudukan, sehingga saat ini pihak Disdukcapil kejar target hingga ke desa-desa dalam Kabupaten Sarolangun.

Helmi, SH, MH, Kepala Dinas Dukcapil Sarolangun saat dijumpai di ruang kerjanya mengatakan, sampai dengan saat ini sudah ada dua puluh lima desa yang dikunjunginya untuk perekaman KTP-el ataupun pelayanan lainnya.

“Rata-rata semua kecamatan sudah kita kunjungi, kecuali Batang Asai, karena ada masalah dengan listrik,”ujar Helmi.

Selain kejar target input data kependudukan, hal itu dilakukan karena banyak alat perekaman yang stanby di kecamatan tidak bisa difungsikan, karena rusak, sehingga harus jemput bola, untuk mempermudah masyarakat mendapatkan KTP-el atau surat keterangan.

“Untuk saat ini alat rekam yang masih bagus hanya Mandiangin, CNG, Sarolangun Pelawan dan di Kantor Disdukcpil, selainnya rusak dan tidak bisa digunakan, itupun untuk kecamatan Sarolangun dan Pelawan kami pinjam untuk rekam ke desa-desa,”papar Helmi.

Oleh karena itu Helmi berharap pada pertengahan tahun 2018 mendatang sudah selesai semua input data kependudukan, sehingga data yang tersedia di Disdukcapil Sarolangun bisa digunakan untuk penyusunan daftar pemilih pemilihan legislatif ataupun pilpres.

“Selain kedesa-desa, kami juga ke sekolahan, mudah-mudahan juli tahun depan selesai semua,”harapnya.(so10)