sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Terkait Permasalahan Aset, AJB Mulai Geram Dengan Pemkab Kerinci

Photo Lepas ASET
KOTA : Salah satu sisi kota Sungaipenuh. Photo : dok

SUNGAIPENUH- Walikota Sungaipenuh, Asafri Jaya Bakri (AJB) belum lama ini benar-benar dibuat geram oleh Pemkab Kerinci. Betapa tidak, Pemkab Kerinci mengaku telah menyerahkan aset ke Kota Sungaipenuh sudah 77,88 persen.

Walikota Sungaipenuh Asafri Jaya Bakri (AJB) kepada sejumlah wartawan mengatakan laporan Gubernur Jambi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa aset Kabupaten Kerinci yang diserahkan ke Kota Sungaipenuh sudah 77,88 persen tidak benar. Pasalnya, perhitungan Pemerintah Kota (Pemkot) Sungaipenuh aset yang baru diserahkan 46 persen.

Disebutkan Walikota, proses pengalihan aset dari Kabupaten Kerinci ke Kota Sungaipenuh selama ini difasilitasi oleh Provinsi Jambi dan didampingi oleh BPKP Provinsi Jambi. Namun, dalam masa transisi Gubernur Hasan Basri Agus ke Zumi Zola ada ketidak terbukaan pihak Kabupaten Kerinci.

‪Dimana banyak persoalan aset yang diurus Pemkab Kerinci langsung ke Provinsi Jambi dan pusat. “Provinsi jadi jembatan langsung ke pusat,” ujarnya.

Dengan kondisi Gubernur yang banyak belum tahu tentang persoalan aset dimanfaatkan oleh Kabupaten. “Saat saya komunikasi ke pusat ada tanda tangan Gubernur yang menyatakan bahwa jumlah penyerahan aset Kerinci ke Sungaipenuh sudah 77,88 persen. Sesungguhnya tidak demikian, aset yang diserahkan baru 46 persen,” ujarnya.

‪Dikatakannya, wajar saja Gubernur tidak merespon Pemkot Sungaipenuh agar persoalan aset segera diselesaikan, karena Gubernur merasa kemajuan penyerahan aset sudah hampir 80 persen.

‪Selain itu ada juga surat Gubernur yang dikirim ke Kemendagri atas desakan Kabupaten Kerinci yang berisi bahwa tidak semua aset harus diserahkan ke Sungaipenuh, dengan dasar pasal 13. Padahal semua aset harus duserahkan, tanpa ada yang tertinggal. “Mari kita pikirkan bersama-sama untuk menyelesaikan permasalahan ini, “ujar walikota kepada sejumlah anggota  dewan. (so15)