sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Temu Teknis Penyuluh Pertanian Tahun 2019 Berlangsung Sukses

Koordinator BP3 Kecamatan Singkut Sari Kamis, Camat Singkut, Kepala DTPHP, Staf Ahli Bupati dan Kabid PSPP Ade Irawan

SAROLANGUN-Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sarolangun, Rabu (27/11) menggelar Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian Tahun 2019 di aula Balai Pelaksana Pelatihan Pertanian (BPPP) Kecamatan Singkut. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Sarolangun H Cek Endra yang diwakili staf Ahli Bupati H Ramawi, SE, Kadis TPHP Drs H Sakwan, perwakilan BPTP Jambi, perwakilan Bapeltan Jambi, pimpinan OPD, Camat Singkut RA Patimah, Kabid Prasarana Sarana Pertanian dan Penyuluhan (PSPP) Ade Irawan dan sejumlah pejabat dan pegawai Dinas TPHP serta undangan lainnya. Pertemuan Teknis Penyuluh Pertanian Tahun 2019 mengangkat tema ‘melalui temu teknis penyuluh pertanian kita tingkatkan sumber daya manusia (SDM) profesional demi mewujudkan petani maju Sarolangun sejahtera’.

Penyerahan piagam BP3 Terbaik

Dalam laporannya, Kadis TPHP H Sakwan menyebutkan, peserta pertemuan teknis penyuluh pertanian terdiri dari seluruh penyuluh pertanian lapangan ditambah koordinator wilayah kecamatan, dengan total 153 orang peserta terdiri dari PPL PNS 84 orang, PPL THL TBPP 7 orang, PPL kontrak daerah 58 orang dan Korwil Kecamatan 4 orang.

Tujuan pelaksanaan acara tersebut kata Sakwan, agar para penyuluh pertanian mendapatkan informasi-informasi tentang perkembangan teknologi pertanian yang berdaya saing di era industry 4.0. Dengan kegiatan temu teknis tersebut, diharapkan penyuluh lebih profesional dan mampu berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sarolangun khususnya di bidang pertanian.

Sedangkan pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut antara lain dari BPTP Jambi, Bapeltan Jambi, BKPSDM Kabupaten Sarolangun dan Dinas TPHP Kabupaten Sarolangun.

Penyerahan surat keterangan registrasi Kelompok Tani Tunas Subur

Bupati Sarolangun dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati H Ramawi menyebutkan, pertemuan tersebut memiliki arti yang sangat penting dan memiliki peranan strategis dalam memajukan pertanian di Kabupaten Sarolangun. Sebab penyuluh pertanian merupakan ujung tombak, maju mundurnya sektor pertanian tergantung peranan tenaga penyuluh di lapangan.

“Penyuluh agar harus lebih semangat untuk menggelorakan pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan dengan manajemen yang lebih baik,” kata Bupati dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan pendaftaran komoditi tanaman buah mentega dari kementerian pertanian ke pemerrintah Kabupaten Sarolangun yang diserahkan oleh perwakilan BPTP provinsi Jambi. Juga dilakukan penyerahan surat keterangan registrasi kebun prima tiga Kelompok Tani Tunas Subur dan penyerahan secara simbolis piagam P2WKSS.

Poto bersama

Pada acara temu teknis penyuluh juga dilakukan pengumuman pemenang BP3 terbaik. Juara I diraih BP3 Kecamatan Pelawan, juara II diraih Kecamatan Pauh dan juara III diraih BP3 Kecamatan Air Hitam. Sedangkan Penyuluh PNS Teladan juara I diraih Afrinal dari Kecamatan Air Hitam, juara II diraih Desi Hermita dari Kecamatan Sarolangun dan juara III diraih Citra Ardiansyah dari Kecamatan Pauh. Sedangkan untuk Kelompok Tani terbaik juara I diraih Kelompok Tani Karya Usaha Tani Kecamatan Pelawan, juara II diraih Kelompok Tani Maju Jaya Kecamatan Air Hitam dan Juara III diraih Kelompok Tani Muara Danau Kecamatan Sarolangun. Sementara ubtuk Kompetisi Vlog Penyuluhan kategori PPL PNS juara I diraih Yen Fiter SPKP dari Kecamatan Mandiangin, juara II diraih Dian Setiawan, SP dari Kecamatan Air Hitam dan juara III diraih Fitrida dari Kecamatan Sarolangun. Sedangkan kompetisi vlog kategori Non PNS juara I diraih Jhon Riful dari Kecamatan Pauh, juara II diraih Abdul Kholik dari Kecamatan Pelawan dan juara III diraih Gustian Werilda SP dari Kecamatan Pelawan serta juara favorit diraih BP3 Kecamatan Pauh (Korwil Citra Ardiansyah).(so9/adv)