sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Tanggul Tungkal I Jebol, Puluhan Hektar Kebun Dan Rumah Warga  Terendam

Tanggul  didesa Tungkal I jebol yang mengakibatkan pemukiman warga  jadi terendam banjir. Photo: Jordan.

KUALATUNGKAL- Warga desa tungkal I Kecamatan Tungkal Ilir harus mengalami kebanjiran akibat jebolnya tanggul sehingga luapan air laut masuk kepemukiman dan perkebunan warga.

Tanggul didesa tungkal I bukan hanya sekali ini terjadi beberapa waktu lalu juga sempat terjadi dan hanya diperbaiki seadanya oleh BPBD Tanjabbar dengan menutup tanggul yang jebol dengan karung. Perbaikan itu tidak berlangsung cukup lama tanggul tersebut kembali jebol, tanggul tersebut dikerjakan dengan mengunakan dana APBD kabupaten tanjabbar beberapa tahun silam. Apakah dikarenakan proyek tanggul dikerjakan asal jadi atau luapan air yang begitu besar sehingga jebolnya tanggul didesa tungkal I tersebut.

Menurut Warga Setempat menyebutkan, bahwa tanggul tersebut jebol pada sore Jum’at (8/12), hingga kini debit air semakin membesar dan merendam pemukiman dan kebun warga. ” Tinggi airnya sudah mencapai pinggang orang dewasa, dan ini harus segera diperbaiki kalau tidak bisa memakan korban jiwa, ” Ujarnya

Dihubungi terpisah Ketua DPRD Tanjabbar, Faisal Riza meminta dinas PU tanjabbar untuk segera menurunkan akat beratnya untuk memperbaiki tanggul yang jebol tersebut. ” Jangan dibiarkan berlarut, PU segera bertindak turunkan alat berat yang dimiliki PU, ” tegasnya

Dirinya pernah kelokasi jebol tanggul didesa tungkal I beberapa waktu lalu, dan sudah di ingatkan ke pemkab agar perbaikannya harus maksimal. ” Sebatas mana tahannya hanya ditutupi pakai karung saja, harus turunkan alat berat, ” tandansya. (SO29)