sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Tak Digarap,PT TAM di Minta kembalikan Lahan

sengketa-lahan2SAROLANGUN-Puluhan warga Desa Rantau Gedang Kecamatan Bathin VIII, Sarolangun mengaku kecewa dengan  PT Tandan Aneka Mandiri (TAM).

Pasalnya, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit itu tak kunjung menggarap lahan milik warga. Padahal, lahan sudah serahkan untuk dikelola.

“Sudah dua tahun kami lakukan kerjasama tapi lahan kami belum juga garap perusahaan. Kami dirugikan,” kata Ahmad salah seorang pemilik lahan, Jumat (30/9).

Terpisah, Ir Joko Susilo Kadis Perkebunan Dan Kehutanan (Bunhut) Kabupaten sarolangun melalui sekertaris dinas  H Gushendra menghimbau PT TAM agar tidak menelantarkan lahan milik warga.

“Dalam  Permentan tahun 2014 No 39 tentang izin usaha perkebunan jelas, melarang keras pihak perusahaan menelantarkan lahan warga yang telah dikerjasamakan,”ujar Sekdin.

Dan jika dalam rentang waktu dua tahun berturut turut, perusahaan tidak juga menggarap lahan yang sudah diserahkan warga ke pihak perusahaan maka wajib dikembalikan.

“Kemudian jika sudah melebihi batas ketentuan, yakni 2 tahun lebih tak digarap lahan harus dikembalikan,”tegasnya.

Ia juga menghimbau pihak PT TAM segera menyelesaikan masalah ini secepatnya. Sementara itu, hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari PT TAM, terkait permasalahan lahan ini.(so9)