sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Tak Dapat Jatah Rastra, Warga Bernai Blokir Jalan 

SAROLANGUN – Warga RT 05 Desa Bernai Luar, Kecamatan Sarolangun blokir jalan karena tidak dapat beras sejahtera (rastra), yang merupakan beras bantuan pemerintah kepada setiap masyarakat yang miskin atau kurang mampu.

Salah seorang warga bernama Yasid mengatakan, sebagai bentuk protes terhadap perangkat desa mereka sengaja memblokir jalan dengan memalang kayu,  karena banyak warga yang miskin yang seharusnya mendapatkan bantuan beras sejahtera tersebut.

” Warga kami banyak yang tidak mampu, tapi tidak dapat beras miskin. Perangkat desa ko dak benar cara pembagiannyo,” kata Yasid, Minggu (18/3) yang lalu di lokasi pemblokiran jalan di RT 05 Desa Bernai Luar.

Menurutnya karena kesal tak dapat raskin, warga memalang kayu dengan diikat ke tali sling jembatan gantung di desa tersebut, yang merupakan akses warga setempat menuju kebun masyarakat.

” Tanah ko tanah kami, wajar kami blokir karena kami dak dapat beras miskin,” ujar Yasid dengan nada kesal.

Sementara itu, Sekdes Bernai Luar, Zainal mengatakan pembagian raskin pihaknya hanya mengikuti data dari BPS, yang menjadi penerima beras rastra.  Ia bahkan mengaku pemerintah desa tidak mengusulkan nama nama penerima beras rastra tersebut.

” Data yang diberi BPS 135 KK, kami tinggal menyusuri ke lapangan, terkait pungutan memang ada kami ambil Rp 5 ribu per orang, itupun untuk beli cat, makan kami yang berjago,”sebutnya.

Zainal menambahkan, kalau masalah pemblokiran jalan tersebut ia mengaku tak risau dan itu terserah warga setempat. “*Memang itu tanah dio, tanah itupun sudah dihibah ke desa dari orang tuo dio,” tukasnya. (So31)