sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Sudirman Diperiksa di Sidang Lanjutan Pemalsuan SK Honorer

SAKSI: Tampak Sudirman diperiksa sebagai sebagai saksi di PN Sarolangun. Poto: wahid

SAROLANGUN-Pengadilan Negeri (PN) Sarolangun kembali melanjutkan sidang perkara dugaan pemalsuan SK Tenaga Kontrak Daerah, yang melibatkan tiga orang terdakwa, Lina Puspaningrat, Didi Sumardi dan Ery Juliansah. Agenda sidang kemarin masih mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kali ini jaksa menghadirkan saksi Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sudirman SE, ME, setelah sebelumnya menghadirkan saksi dari staf umum BKPSDM dan Staf Adc Sekda Sarolangun.

Sidang dipimpin Ketua PN Sarolangun R Agung Aribowo, SH, didampingi hakim anggota Phillip Mark Soenpiet, SH dan Muhammad Affan, SH, Panitera Pengganti A Hairun Y, SH dan JPU Ardi Harliansyah, SH.

Dalam pemeriksaan sebagai saksi, hakim mengajukan pertanyaan kepada Sudirman terkait proses penerbitan SK Tenaga Kontrak Daerah.

Sudirman juga mengakui dalam surat SK tersebut terbubuhi tandatangannya, dan menyebutkan nama Sekretaris BKD kala itu dijabat oleh Febriati. Bahkan ia juga menyebutkan adanya SPT mengenai penempatan tenaga honorer, melalui Sekretaris Daerah.

“Penerimaan Tenaga Kontrak itu di bawah naungan sekretariat,
saat itu ibu Febriati, sekretaris badan saat itu.
Badan Hukumnya SK Bupati dalam Penerimaan Tenaga Kontrak,” katanya.

“Selain sekretaris, ada kasubbag umum dan kasubbag kepegawaian, itu yang menangani, merekalah yang meneliti pengangkatan tenaga kontrak,’’tambahnya.

Hakim juga menanyakan apakah Sudirman punya wewenang untuk mengeliminasi, tenaga kontrak daerah. Sudirman menjawab, tidak punya wewenang. Wewenangnya ada di Kepala Dinas terkait.