GERBANG INFORMASI KITO

Sosialisasikan Bahaya Android Pada Anak

SAROLANGUN– Keluarga merupakan salah satu unit terkecil yang ada dalam masyarakat terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal pada suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Setiap tanggal 29 Juni, diperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas), yang pada tahun 2019 ini peringatan Harganas ini sudah yang ke XXVI kali diadakan sejak tahun 1993 yang lalu.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Adnan, mengatakan, setidaknya ada 8 fungsi keluarga yang bisa ditanamkan untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas, berkarakter, harmonis, dan berdaya saing. Hal itu menunjukkan betapa pentingnya lembaga keluarga dalam membangun bangsa serta membentuk anak bangsa.

“Ada 8 fungsi keluarga yakni fungsi agama, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, fungsi sosial dan budaya dan fungsi lingkungan,” kata Adnan.

Ia berharap momen Harganas ke 26 ini dengan mengangkat tema Hari keluarga, Hari kita semua dengan slogan cinta keluarga, cinta terencana dapat diimplementasikan oleh masyarakat dalam kehidupan berkeluarga, khususnya kedelapan fungsi keluarga tersebut.

Sementara itu, Wakil Bupati Hillalatil Badri mengatakan keluarga adalah lembaga keluarga merupakan tempat berseminya kasih sayang, tempat sikap prilaku hormat menghormati, tempat berlangsungnya interaksi harmonis, dan saling asuh serta saling asah antara sesama keluarga.

“Kita ingatkan bahwa keluarga kita itu harus tumbuh dengan baik, tentram, tidak suka kekerasan, berakhlak, menjungjung tinggi kebersamaan, mencerimankan kepribadian dan jati diri,” katanya.

Wabup juga meminta kepada pemerintah kecamatan hingga ke desa, serta para petugas penyuluh KB dilingkungan DPPKB untuk terus semangat mensukseskan program keluarga berencana, dalam membangun Kabupaten Sarolangun yang lebih maju dan sejahtera.

” Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan KB, memberikan bimbingan dan pemahaman kelada ibu-ibu terhadap pelaksanaan KB. Saya harap kegiatan ini kedepan ditingkatkan lagi, melalui kegiatan lomba dalam memacu dan bentuk support kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam pelaksanaan KB,” katanya.