sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Server Rusak, Pelayanan Dukcapil Terganggu

MUARABULIAN– Kerusakan sever berdampak pada sejumlah pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batanghari. Saat ini seluruh pelayanan di Disdukcapil Batanghari tidak dapat berjalan normal seperti biasanya bahkan seluruh pelayan nyaris lumpuh, terutama pada pelayanan pembuatan kartu keluarga (KK), Akta Kelahiran dan E-KTP.

Sekretaris dukcapil Kabupaten Batanghari, Replizer membenarkan kondisi server di disdukcapil Batanghari dalam kondisi rusak, sehingga pelayanan terhadap masyarakat terganggu dan tidak berjalan normal seperti biasanya, bahkan untuk pembuatan KK, akta kelahiran dan E-KTP belum bisa dilakukan sampai dengan server yang rusak saat ini kembali normal.

“Iya saat ini server rusak, Kersusakan sudah terjadi pada Selasa lalu, kemungkinan Senin sudah selesai dan diharapkan pelayanan dapat kembali normal,” kata Replizer.

Replizer belum bisa memastikan penyebab pasti kerusakan server yang ada di dukcapil Kabupaten Batanghari, namun dugaan awal kerusakan server tersebut karena adanya serangan virus di jaringan server, meski dalam mengalami kerusakan namun untuk data data perekaman sebelumnya tetap aman karena sudah tersimpan dipenyimpanan cadangan.

“Alhamdulillah untuk data datanya aman tidak hilang atau rusak karena telah tersimpan ditempat cadangan, sehingga masyarakat tak perlu cemas”sebut Replizer.

Untuk server sendiri saat ini, telah dibawa ke Jambi dan ditangani oleh teknisi orang pusat langsung. Diperkirakan senin nanti dapat selesai. untuk pelayanan yang tidak bersangkutan dengan kerusakan server, masih berjalan normal.

“Server saat ini sudah di bawa ke Jambi untuk ditangani oleh orang pusat, pelayanan yang tidak bersangkutan dengan server, tetap buka,”tutup Replizer.(hur)