sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Serangan Hama Keong Masih Mengganas, Petani Sarkam Makin Cemas

SAROLANGUN-Terkait persoalan hama padi jenis keong yang menyerang persawahan petani di Kelurahan Sarolangun Kembang (Sarkam) Kecamatan Sarolangun yang masih terjadi hingga saat ini, para petani diminta untuk lebih rajin memusnahkan keong dengan menangkapnya. Hal ini diungkapkan Lahmudin Kabid Produksi Tanaman Pangan, ketika dihubungi oleh Sarolangun Ekspres Rabu (21/06).

Menurutnya, terkait serangan hama keong, dirinya juga sudah meminta keterangan kepada pihak Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) terkait pemusnahan hama keong tersebut di persawahan Sarkam itu.

“Kita memang sudah mendengar kabar berita hama keong ini di sawah Sarkam, tapi kami sudah upayakan dan meminta kepada petani tetap memungut keong itu. Karena itu salah satu upaya jitu. Kalau kita keringkan sawahnya tidak mungkin. Sementara saya sudah minta keterangan dari pihak BP3K ternyata mereka juga sudah turun ke sana dan sudah mereka semprot hama keongnya. Mudah-mudahan berhasil,’’ jelasnya dengan panjang lebar, saat dihubungi melalui handphone.

Hingga saat ini, Asnidar (38), salah satu petani disana ketika ditemui oleh harian ini mengatakan, hama keong tersebut menyerang dengan jumlah yang banyak. Serangan keong hingga ke dalam air sawah, mengakibatkan susahnya memusnahkan hama keong teraebut.

“Keongnya banyak, lagi pula ke dalaman air sawah juga menhakibatkan susahnya memusnahkannya,’’ ungkap Asnidar.

Berdasarkan penelusuran Sarolangun Ekspres, serangan hama keong sangat meresahkan petani. Hampir seluruh areal persawahan petani diserang. Petani khawatir serangan hama keong menyebabkan gagal panen.(so30)