sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Sarolangun Target Swasembada Beras

Panen raya
PANEN RAYA: Tampak Wabup Hilal saat panen raya di Desa Lubuk Sayak. Photo : wahid

PANEN RAYA: Tampak Wabup Hilal saat panen raya di Desa Lubuk Sayak. Photo : wahi

SAROLANGUN-Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Kamis (25/01) kemarin menegaskan Pemkab Sarolangun akan mentargetkan bisa swasembada beras, dimana Pemkab Sarolangun akan mengoptimalkan seluruh lahan sawah di Sarolangun.

Menurut mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi ini, lahan yang tergarap untuk areal persawahan saat ini baru 5.722 hektar, yang tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Sarolangun.

“Artinya masih ada lahan potesi persawahan yang belum dimanfaatkan seluas 4.000 hektar,” katanya, saat Panen Raya Padi di Desa Lubuk Sayak, Kecamatan Pelawan.

Untuk itu, ia mengimbau agar para petani di Sarolangun bisa betul-betul memaksimalkan pengelolaan lahan yang selama ini masih terbengkalai. Dengan dibangunnya DAM Kutur di Limun dan DAM Batang Asai, diharapkan bisa meningkatkan produksi panen padi di Sarolangun.

Hilal yakin, Sarolangun bisa swasembada beras. Menurutnya di Sarolangun punya potensi lahan yang besar.

“Pemerintah pusat sudah cetak sawah baru di beberapa tempat, di Lubuk Sepuh Seberang, Muara Danau, dan di Pauh ada beberapa ratus hektar sawah baru,”jelasnya.

Pemkab Sarolangun, lanjutnya, akan mengeluarkan Perbup larangan peralihan areal sawah menjadi bentuk lainnya. Wabub juga mengatakan akan memasukkan anggaran prioritas pada 2019 untuk membantu petani. Pemerintah Sarolangun berencana membangun jalur transportasi untuk petani dan juga irigasi untuk suplai air agar panen meningkat.

“Kedepan kita upayakan buat perbup untuk lahan yang telah kita tetapkan menjadi areal persawahan tidak dialih fungsi untuk lahan lain,”tukasnya.(so31)