sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Sarolangun Juara I Desaign dan Pewarnaan Batik Tingkat Provinsi

JUARA: Rikzan perajin batik Sarolangun saat menerima piala dan piagam juara I Design Batik tingkat Provinsi Jambi didampingi Wakil Ketua Dekranasda Ny Lili Suryani Hilal. Poto:ist

SAROLANGUN-Rikzan, perajin batik Kabupaten Sarolangun berhasil menjadi juara pertama dalam ajang Lomba Design dan Pewarnaan Batik tingkat Provinsi Jambi. Rikzan yang tampil mewakili Dekranasda Kabupaten Sarolangun berhasil menjadi yang terbaik mengalahkan perajin-perajin batik lain asal kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi.

Lomba Design Batik tersebut dilaksanakan 30 November yang lalu di Kota Jambi. Dalam ajang bergengsi itu Rikzan menampilkan Batik Sarolangun degngan nama Abstrak 99 kombinasi motif Ikan Seluang Mudik.

Rikzan, saat ditemui harian ini, Rabu (06/12/2017) kemarin, mengakui motif batik tersebut baru dibuat hanya ada di Sarolangun. Sehingga dengan kemasan ukiran batik yang dibuat lebih kurang selama 5 hari itu, bisa menjadi nomor satu yang dinilai langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Ny Sherrin Tharia Zola.

“Alhamdulillah, untuk lomba design batik yang kita rancang bisa meraih juara I tingkat provinsi tahun 2017 ini, dan batik ini baru ada di Sarolangun,”katanya.

Ia juga mengatakan, raihan prestasi ini berkat adanya dukungan baik moril atau materil dari pengurus Dekranasda Kabupaten Sarolangun, yakni Ketua Dekranasda Ny Rosita Endra bersama Wakilnya Ny Lili Suryani Hilal, serta dukungan dari Kepsek SMA Negeri 7 Sarolangun Patimah, MPd.

“Kita sampaikan terimakasih, atas bimbingannya, Ketua Dekranasda Ny Hj Rosita Endra dan Wakil Ny Lili Suryani yang sering berkunjung ke tempat kami dan memberikan motivasi. Kemudian kepada Ibu Patimah, Kepsek SMA Negeri 7 sering membantu saya, baik moril dan materil,”jelasnya.

Ke depan ia berkomitmen akan memajukan batik Sarolangun baik di tingkat provinsi maupun Nasional, dimana sejak ia menggeluti batik di Sarolangun pada tahun 2002, sudah banyak prestasi yang diraih bahkan sampai ke tingkat Nasional.

“Tingkat nasional juga sering meraih prestasi, yang diadakan balai besar kerajinan batik Jogyakarta, dan juga di museum nasional, ke depan kita akan terus tunjukkan batik Sarolangun bisa bersaing dan memiliki kualitas,”tukasnya.(so31)