sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Sarolangun Dapat Penghargaan Kemendagri

H Cek Endra dan H Hillalatil Badri

Penyelenggaraan Pemerintahan Dinilai Berhasil

SAROLANGUN-Pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) yang ke-22 tahun 2018 ini, Kabupaten Sarolangun mendapatkan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, berupa penghargaan atas hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaran Pemerintah Daerah (LLPD).

LPPD merupakan kewajiban Kepala Daerah yang dilaporkan kepada Pemerintah setiap tahun berdasarkan PP Nomor 3 Tahun 2007 dan dilakulan evaluasi sejak tahun 2009 sesuai amanat PP Nomor 6 Tahun 2008, yang merupakan upaya menilai keberhasilan daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah.

Penghargaan itu akan berikan langsung oleh Mendagri, kepada seluruh Kabupaten yang mendapatkan penghargaan, dimana dari 139 Kabupaten, se Indonesia yang meraih prestasi itu, Sarolangun ada diantaranya.

“Dari 139 kabupaten yang dapat penghargaan Kemendagri dalam penilaian LPPD,  untuk Sumatera kita termasuk 8 kabupaten dan termasuk nomor empat, di Provinsi Jambi hanya ada dua yakni Merangin dan Sarolangun,” kata Cek Endra, saat diwawancarai Rabu (25/04) kemarin usai menjadi Irup Peringatan Hari Otda tahun 2018 di Lapangan Gunung Kembang Komplek Kantor Bupati Sarolangun.

Atas penghargaan tersebut, katanya tentu dirinya beserta jajaranya patut bersyukur atas keberhasilan Kabupaten Sarolangun, karena penilaian yang dilakukan oleh Kemendagri tersebut bukanlah sembarangan, karena penilaian itu sangat objektif.

“Alhamdulillah, Kita termasuk empat besar kini tu. Ini sangat menggembirakan bagi kita, ini adalah satu penilaian yang objektif pengakuan Kemendagri dalam penyelenggaraan pemerintahan di Sarolangun. Kita juga patut bersyukur ini, tingkat keberhasilan di Kabupaten Sarolangun yang diukur Kemendagri,” jelasnya.

Bupati Cek Endra juga bilang, jika tidak ada aral melintang, Insa Allah besok malam (Malam ini, red), Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri, akan mewakili Pemkab Sarolangun menerima penghargaan tersebut.

“Pak Wabup akan mewakili ke Kemendagri menerima penghargaan dari Kemendagri dalam rangka peringatan Hari Otonomi Daerah. Alhamdulillah kita dapat penghargaan dari Kemendagri,” tukasnya.(so31)