GERBANG INFORMASI KITO

Sabu Hampir Satu Kilo Diamankan

Tiga Pelaku yang diamankan pihak kepolisian. Poto:wahid

SAROLANGUN-Jajaran kepolisian Polsek Pelawan-Singkut berhasil mengamankan 800 gram sabu dan 392 butir pil ekstasy, Rabu (03/07) kemarin, di Jalan Lintas Sumatera tepatnya di depan Subsektor Pelawan Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan.

Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wira Laksana, SIK, MAP, melalui Kapolsek Pelawan-Singkut IPTU A Soekany Daulay, SH, MH, mengatakan, bahwa barang narkoba tersebut diamankan dari tangan tiga orang pelaku, berinisial LY (42), CR (43) dan DI (31), ketiganya merupakan warga yang berasal dari Provinsi Riau.

Awalnya, pada hari Selasa 2 Juli 2019 sekitar Pukul 12.00 WIB, Kapolsek Pelawan-Singkut IPTU A Soekany Daulay mendapatkan informasi tentang pengiriman Narkotika jenis Sabu-Sabu dan Ektasi dalam jumlah banyak dari Pekanbaru Provinsi Riau menuju ke Singkut dengan menggunakan Mobil Inova Warna Hitam sesuai Laporan Polisi Nomor: LP/A-03/VII/2019/JAMBI/RES SRL/SEK PEL. SINGKUT, 03 Juli 2019.

“Setelah dilakukan penyelidikan, personil kita mendapatkan informasi sekitar pukul 18.00 WIB, bahwa mobil yang dicurigai sudah jalan dan posisi di daerah Lipat Kain, kemudian sekira pukul 23.00 WIB didapat Informasi mobil yang dicurigai sudah berada di Bungo,” katanya.

Barang Bukti yang diamabkab Polres Sarolangun

Kemudian Personil Unit Reskrim dibantu Personil Polsek Pelawan-Singkut lainnya merencanakan penangkapan di depan Subsektor Pelawan. Alhasil, sekitar pukul 02.00 WIB pada hari Rabu (03/07) dilaksanakan razia terhadap kendaraan bermotor, benar saja petugas mendapati 1 unit R4 Toyota Ayla warna hitam BM 1568 CR.

Pada saat penggeledahan di dalam mobil ditemukan barang bukti diduga narkotika jenis sabu dan ekstasi, dengan disaksikan masyarakat sipil sebanyak 2 orang.

“Kemudian saat diperlihatkan kepada para pelaku, ianya (para pelaku) mengakui bahwa narkotika jenis Sabu-sabu dan Ekstasi adalah barang milik mereka. Selanjutnya para pelaku dan barang bukti diamankan ke Polsek Pelawan Singkut guna proses hukum lebih lanjut,” katanya.

Dari tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 10 (sepuluh) kantong plastik bening warna putih yang diduga narkotika jenis Sabu-Sabu dengan total 800 gram, tiga ratus sembilan puluh dua butir (392) Narkotika Jenis Ekstasi, uang sebesar 2.740.000 (dua juta tujuh ratus empat puluh ribu rupiah), 4 (Empat) unit handphone, 1 (Satu) buku tabungan BCA atas nama CR, 1 (Satu) lembar buku nikah atas nama Chandra dan 1 (Satu) buah dompet.

“Pelaku kita kenakan pasal 112 ayat 2 UU RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Setiap orang yang tampak hak atau melawan hukum memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika Golongan I bukan tanaman yang beratnya lebih 5 Gram,” katanya.(se31)