sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

RSUD Chatib Quzwain Utamakan Kebersihan untuk Kenyamanan Pasien

SAROLANGUN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof DR H M Chatib Quzwain (CQ) Sarolangun terus melakukan pembenahan untuk yang terbaik bagi masyarakat Sarolangun.

Inisiasi dalam bentuk kontinu yang dilakukan RSUD CQ, yakni mengutamakan kebersihan dan kenyamanan bagi pasien yang berkunjung, berobat dan pasien yang diopname.

Direktur RSUD CQ, dr H Bambang Hermanto MKes ketika dibincangi beberapa waktu yang lalu mengatakan, terciptanya lingkungan di RSUD yang bersih, tentu saja bebas akan kuman dan kotoran. Contohnya, debu yang menumpuk, sampah yang menimbulkan bau tak sedap dan lainnya.

“Kami sangat menyadari, dengan lingkungan bersih, tentu saja akan membuat kita merasa aman dan nyaman ketika berada di rumah sakit,”katanya.

Dijelaskan Direktur RSUD CQ, dengan lingkungan yang nyaman, maka secara tidak langsung akan mempercepat kesembuhan pasien, memudahkan perawat dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan kepada pasien, mencegah dan meminimalkan terjadinya infeksi silang, menumbuhkan kepercayaan dan kesan baik kepada pasien dan keluarganya maupun masyarakat terhadap rumah sakit.

“Memang kita memiliki petugas cleaning service, tapi kami juga selalu memberikan pencerahan kepada semua kepala ruangan dan petugas medis untuk pengerak utama dalam menonjolkan perilaku yang bersih. Sebaliknya, secara humanis mengingatkan pengunjung dan pasien atau keluarga pasien untuk tetap menjaga kebersihan di RSUD dan perilaku no smoking dan mmebuang sampah pada tempatnya,”ucapnya.

Disamping itu, dr H Bambang Hermanto menambahkan, terkait dengan kebersihan lingkungan rumah sakit juga diatur dalam Permenkes Nomor 7 Tahun 2019, bahwa untuk mewujudkan kualitas kesehatan lingkungan rumah sakit perlu ditetapkan standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan.

“Dengan pemberlakuan lingkungan rumah sakit yang bersih, kami berharap semoga rumah sakit yang ramah lingkungan bisa terwujud, sehingga terasa nyaman,”tandasnya.(aji)