sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Ribuan Personel Amankan Kedatangan Jokowi  

 

pengawalan presidevJAMBI – Pihak TNI dan Polri di Jambi akan mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan kedatangan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), ke Kota Jambi, dalam rangka menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-69 dan peresmian Bandara Sultan Thaha.

Kepala Penerangam Korem (Kapenrem) 042 Garuda Putih, Mayor Inf. Imam Syafei, menyebutkan semua personel yang dikerahkan untuk pengamanan berjumlah 1.834 personel, terdiri dari 937 personel Korem 042/Gapu, 673 personel Polda Jambi dan jajaran, serta 225 personel dari pemda seperti Satpol PP.

“Sudah dipastikan, Presiden akan ke Jambi,” kata Imam, Senin (18/7).

Seperti dijadwalkan, orang nomor satu di Indonesia tersebut hanya enam jam berada di Kota Jambi. Imam mengatakan, titik-titik kunjungan Presiden masih dirapatkan, namun rencana yang sudah dipastikan yakni ke Bandara Sultan Thaha dan Lapangan kantor Gubernur Jambi.

“Presiden diagendakan hanya dua tujuan, dan tidak menginap,” ujarnya.

Pengalihan arus lalu lintas pun tidak dilakukan. Namun hanya mengehentikan laju kendaraan sementara saja ketika Presiden melintas di kawasan tersebut.
“Tak ada jalan yang ditutup, semuanya normal seperti biasa agar tidak mengganggu pengguna jalan,” ujarnya.

Meski diisukan bahwa Jokowi akan menghadiri acara Hari Bumi Nasional, Presiden akan menghadiri acara hari bumi di Siak. “Setelah dari Jambi presiden akan bertolak ke sana menggunakan pesawat kepresidenan,” tandasnya.

Sementara itu pihak Kepolisian Resort Kota (Polresta) Jambi dari Kesatuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Jambi akan menurunkan sebanyak 100 personel lebih untuk mengamankan jalur yang akan dilewati Presiden agar terhindar dari kemacetan.

Kasat Lantas Polresta Jambi, Kompol Purwati Ningsih, mengatakan pihaknya sudah siap untuk melakukan pengamanan kedatangan presiden.
“Selain 100 personel yang kita turunkan, kita juga ditambah personel lantas dari jajaran Polsek di Kota Jambi,” ujar Purwati.

Pihaknya pun akan standby di setiap jalur di Kota Jambi. Namun, penutupan arus lalu lintas tidak akan dilakukan.
“Tidak ada penutupan arus jalan secara total oleh pihak kepolisian. Ini merupakan keinginan dari Bapak Presiden. Kalau pun ditutup itu hanya sementara,” pungkasnya.(jenn)