sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Ribuan Fakir, Fisabilillah dan Muallaf terima Zakat

ZAKAT: Bupati H Cek Endra saat membagikan zakat kepada fakir miskin. Poto:wahid

SAROLANGUN-Ribuan masyarakat Sarolangun yang terdiri dari Fakir Miskin, Fisabilillah dan Muallaf, Rabu kemarin (14/06), menerima zakat, dari hasil pengumpulan zakat dari Pegawai Negri Sipil (PNS) di jajaran Pemkab Sarolangun.

Pjs Ketua Harian Baznas Syafrudin, S.Ag mengatakan pemberian zakat tahun ini sesuai dengan petunjuk pusat dilakukan dengan dua jenis pemberian, yakni 50 persen bagi para mustahik zakat, dan 50 persen untuk bantuan kepada warga yang tidak mampu. Seperti biaya kursus dan latihan, bantuan modal pedagang kaki lima, bantuan satu keluarga satu sarjana, direncanakan 20 orang terlebih dahulu, bantuan donor darah, bantuan peningkatan gizi dan perobatan (ongkos dan minum), bantuan pembinaan warga SAD, bantuan sarana prasarana pendidikan. Kemudian zakat diserahkan kepada Fakir miskin 12 ribu, muallaf 2.700, fisabilillah 300 orang.

“Sesuai petunjuk dari pusat, tahun ini kita penyerahan zakat dengan pola fifty-fifty, sebagian kepada mustahik dan sebagian kepada warga kurang mampu,” katanya.

Baca Juga : Oknum Pegawai Tuding Pengurus Baznas Gelapkan Dana Zakat

Sementara itu Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, dalam arahannya mengatakan bahwa dana zakat yang dikumpulkan dari pegawai ditargetkan tiap tahunnya sebanyak 3,5 milyar.

“Setiap bulan harus melaporkan pengumpulan dana zakat ini, karena pihak Baznas harus transparan dan penyerahannya juga harus tepat sasaran,” katanya.

H Cek Endra juga mengaku kecewa, jumlah penerima zakat (Mustahik Zakat) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sarolangun menurun. Menurut Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, sebelumnya warga penerima zakat mencapai dua puluh ribuan orang yang tersebar diseluruh kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun. Sekarang penerima zakat turun, dana zakat hanya dibagikan kepada 15.000 orang oleh Baznas Sarolangun.

‘’Kedepan jumlah penerima dana Baznas ini akan kita tingkatkan lagi,’’ kata Cek Endra, kepada Koran ini, kemarin.

Cek Endra menyampaikan, dirinya sebagai Bupati Sarolangun, akan kembali fokus menata Baznas, sehingga pengeolaan dana ummat yang dikumpul melalui zakat di Kabupaten Sarolangun lebih bagus lagi.

‘’Bupati bersama Wabup yang baru akan mengecek langsung,’’ ujarnya.

Bupati berharap kedepan, penyaluran dana zakat lebih maksimal lagi dan dan tepat sasaran kepada Mustahik Zakat yang terdiri dari 8 macam, yakni Fakir, Miskin, Fisabilillah, Musafir, Amilin, Riqob, Gharim dan Ibnu Sabil.

Target kedepan, selain PNS, pengumpulan dana zakat oleh Baznas Sarolangun juga akan menyentuh karyawan swasta.

‘’Target kedepan kita akan mengajak para karyawan perusahaan swasta untuk membayar zakat,’’ jelasnya.

Kemudian, Bupati juga menegaskan program keagamaan Pemkab Sarolangun yang akan berkomitmen dalam meningkatkan keagamaan.

“Sholat berjamaah di mesjid, dan baca quran sebelum belajar, serta khatam alquran, dan mari kita dukung program ini,” jelasnya.

Kegiatan juga dihadiri oleh Wabup Hillalatil Badir, Camat Sarolangun M Idrus, Kabag Kesra H Juddin.(se31/se4)