sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Raskin di Sarolangun Segera Didistribusikan

SAROLANGUN-Tercatat sejak Januari hingga April 2017, Beras Raskin (Raskin) belum didistribusikan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang di 10 Kecamatan. Direncanakan dalam waktu dekat Pemkab Sarolangun akan mendistribusikan Raskin untuk 16.538 KPN.

Keterangan ini dikatakan Kabag Ekonomi, Ali Amri SE saat dikonfirmasi via ponsel pada Selasa (25/4), kemarin sore.

“Saat ini kami sedang menuntaskan surat permintaan lokasi untuk penerima Raskin,”ujarnya.

Menurut Ali Amri, surat permintaan lokasi yang dituntaskan akan disesuaikan dengan pagu yang ditetapkan pusat. Selanjutnya, surat permintaan lokasi akan dikirim ke Bulog Subdrive Bangko.

“Raskin yang akan disitribusi ke KPM untuk 3 bulan, karena dalam distribusi Raskin dilakukan secara per tri wulan,”katanya.

Sementara itu, jumlah Raskin yang akan diterima KPM untuk satu bulan, yakni  15 kg.

“Kalau didistribusikan dilakukan tiga bulan, berarti jatah Raskin per KPM akan diterima 45 kg,”sebutnya.

Selain itu, tambah Ali Amri, setiap KPM penerima Raskin harus membayar senilai Rp 1.600 per Kg. Pembayaran tersebut disesuikan dengan ketentuan. Nantinya, pembayaran Raskin oleh KPM, akan disetorkan ke bulog sub drive.

“Kita upayakan dalam pendistribusian Raskin 2017 tidak ada lagi penunggakan. Artinya, setiap Raskin dibagikan, maka harus dibayar, atau diterapkan toleransi untuk KPM 5 sampai 10 hari sejak didistribusi oleh bulog di desa,” cetusnya.

Ditegaskan Ali Amri, dalam proses distribusi Raskin, jangan menimbulkan masalah baru, seperti dilakukan pemotongan jatah Raskin oleh pihak desa yang tidak bertanggungjawab, kecuali, wilayah yang tidak terjangkau oleh Bulog, itupun harus ada kesepakatan.

“Jika terjadi hal yang bakal menimbulkan masalah dalam pendistribusian raskin, maka diperlukan adanya kebijakan dari desa, seperti melakukan musyawarah,”tandasnya.(so10)