GERBANG INFORMASI KITO

Raperda Pemekaran Dapat Catatan dari Biro Hukum Pemprov Jambi

EVALUASI: Tampak Wakil Ketua DPRD Sarolangun H Hapis Hasbiallah SE bersama Pansus saat evaluasi di Provinsi. Poto:hamzah

SAROLANGUN-Dalam rangka meningkatkan pelayanan pada masyarakat dan pemerataan pembangunan, Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra terus berupaya untuk melakukan pemekaran kecamatan. Dua kecamatan baru yaitu Mandiangin Timur dan Kecamatan Bathin Pengambang akan segera terbentuk. Kecamatan Mandiangin Timur merupakan pemekaran Kecamatan Mandiangin. Sedangkan Kecamatan Bathin Pengambang pemekaran dari Kecamatan Batang Asai.

M Ridwan STPP Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sarolangun saat dihubungi harian ini kemarin (5/4) mengatakan, proses Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Sarolangun tentang pemekaran dua kecamatan tersebut saat ini lagi diproses di tingkat Provinsi Jambi.

“Ada beberapa catatan dari Biro Hukum dan itu sedang kita perbaiki, Insyaallah dalam waktu dekat selesai,”ujar Ridwan.

Beberapa catatan yang dimaksud adalah menyangkut tata penulisan dan kalimat yang perlu diperbaiki, dan ada juga yang harus ditambah.

”Namun secara umum tidak ada masalah, dan persyaratannya sudah lengkap,”tambahnya.

Setelah dilakukan perbaikan jelas Ridwan, pihak provinsi bakal mengeluarkan rekomendasi untuk dikirim ke Kemendagri, dan setelah ditelaah oleh Kemendagri ternyata tidak ada masalah, maka Ranperda tersebut akan disetujui menjadi Perda sebagai payung hukum pembentukan dua kecamatan baru itu.

Perlu diketahui, rapat evaluasi di tingkat Provinsi kemarin, dihadiri langsung Wakil Ketua DPRD Sarolangun H Hapis Hasbiallah SE dan Pansus DPRD Sarolangun, serta  jajaran Pemkab Sarolangun yang diketuai oleh Asisten I Hazrian MSi dan pihak DPRD Sarolangun pimpinan dan anggota Pansus.(so10)