sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Potensi Banjir Masih Mengancam Wilayah Sarolangun

SAROLANGUN-Secara umum wilayah Kabupaten Sarolangun saat ini sering diguyur hujan, baik intensitas ringan, sedang maupun hujan lebat. Hanya saja masih bisa tertampung oleh beberapa sungai yang ada di Kabupaten Sarolangun, sehingga belum menyebabkan bajir.

Menurut Mulyadi SSos Kepala BPBD Sarolangun Jum’at kemarin (20/10) walaupun hujan yang mengguyur wilayah Sarolangun masih sebatas normal, namun potensi banjir itu tetap saja memungkinkan, apa lagi diguyur hujan lebat di wilayah atas, seperti Kecamatan Batang Asai, Limun dan Cermin Nan Gedang.

“Kita akui hujan akhir-akhir ini masih batas normal, walaupun hujan lebat itu berlangsung tidak lama, sehingga bisa tertampung oleh sungai Tembesi,”ujar Mulyadi.

Ditambahkan Mulyadi, untuk mengantisifasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya saat ini telah mewanti-wanti bawahannya untuk tetap siaga, dimana ada musibah banjir, longsor dan bencana alam lainnya, harus siap diturunkan kapan saja.

“Sejak keluar data yang menyatakan wilayah Sarolangun akan diguyur hujan hingga akhir tahun ini, tim kita mulai siaga,”tambahnya.

Disinggung fasilitas apa saja yang disiapkan BPBD jika terjadi banjir besar, Mulyadi menegaskan untuk transportasi sungai ada satu unit perahu karet, dan jika memang mendesak nantinya pihak BPBD akan berkoordinasi dengan provinsi.

“Perahu kita ada, namun kita baca situasi andaikata banyak wilayah yang akan dilayani, tentu kita minta bantuan BPBD provinsi,”tandasnya.(so10)