sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Pondok Pesantren Darul Aula Tuan Rumah Pospeda dan HSN

MERIAHKAN : Pembukaan kegiatan HSN dimeriahkan dengan pawai santri di Kecamatan Singkut. Photo : wahid

SAROLANGUN-Untuk menumbuhkan kreatifitas santri dalam bidang olahraga dan seni, digelar Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) tingkat Kabupaten Sarolangun di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Aula Desa Bukit Tigo Kecamatan Singkut. Ponpes Darul Aula juga dilaksanakan momentum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2017 yang ditetapkan 22 Oktober lalu oleh Presiden RI Ir Joko Widodo.

Kegiatan tersebut menjadi babak baru dan menjadi tonggak sejarah atas pengakuan negera terhadap perjuangan santri yang sudah berjasa untuk kemajuan bangsa dan negara.

“Kegiatan ini juga untuk menggali potensi yang ada pada santri. Pospeda merupakan ruang kreasi dan peningkatan prestasi bagi santri di bidang olahraga dan seni,” kata Panitia Pelaksana, Dino Azimi SPdI, Minggu (22/10/2017), kemarin.

Disebutkanya ada 8 cabang olahraga yang dilombakan diantaranya Volly Ball, Tennis Meja, Badminton, Futsal, Sepak Takraw, Catur, Pencak Silat dan Atletik. Sementara di bidang seni ada 4 cabang yang dilombakan, yakni lomba pidato tiga bahasa, cipta puisi, seni lukis islami, dan kaligrafi mushab.

“Diikuti 17 pesantren dari tiap kecamatan, dengan mengirim santri 70-100 orang, pesertanya sekitar 1.200 orang pada peringatan hari santri dan Pospeda tahun ini yang dilaksanakan mulai 22-24 Oktober mendatang,” cetusnya.

Sementara itu Pimpinan Ponpes Darul Aula, KH Zulkarnain Mukhtar, mengatakan kegiatan ini merupakan wujud komitmen untuk mengangkat harkat dan martabat santri yang selama ini termarjinalkan. Peran santri harus menjadi penggerak pembangunan dan kemajuan bangsa.

Selain itu, dirinya juga mengatakan, Hari Santri untuk mengenang sejumlah tokoh ulama dan santri seperti KH Hasyim Ashari dan tokoh ulama lainnya. Menurutnya, para santri telah mewakafkan hidupnya untuk merebut kemerdekaan Republik Indonesia.(s031)