sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Pj Bupati Sarolangun Pantau Hotspot Pakai Heli

heli pj bupati
PAKAI HELI: Bupati memantau keberadaan titik api pakai helicopter. Poto:aji

SAROLANGUN-Sampai saat ini dipastikan tidak ditemukan titik api (hotspot) di wilayah Kabupaten Sarolangun, bahkan Pj Bupati Sarolangun Arief Munandar, SE, yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Jambi sempat melakukan pamantauan titik api melalui udara.

“Baru saja saya bersama Kadis Bunhut dan Kepala BLHD melakukan pemantauan, Alhamdulillah tidak ada titik api,”ujar Arief Munandar.

Diakuinya, memang untuk pemantauan lewat udara kemarin (7/9) tidak semua wilayah bisa dilewati, sebab keterbatasan waktu, namun dirinya memastikan sesuai data terakhir tidak ada titik api.

“Mungkin sekitar dua puluh persen saja yang kita pantau, itulah hasilnya nihil,”tambahnya.

Oleh karena pihaknya berharap masyarakat Kabupaten Sarolangun tidak membuka lahan dengan membakar, sebab bisa mengganggu lingkungan, selain menyebabkan kebakaran hebat juga bisa membuat kabut asap.

“Silakan membuka lahan perkebunan, namun jangan membakar, karena melanggar aturan hukum,”harapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Kabupaten Sarolangun saat dikonformasi terkait hal tersebut mengungkapkan hal yang sama, dan pihaknya belum mendapat laporan tentang adanya titik api di wilayah Kabupaten Sarolangun.

“Informasi terkahir yang saya dapat, tidak ada titik api,”ujarnya.(so10)