sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Pj Bupati Minta PLN Segera Hidupkan Lampu Jalan

SAROLANGUN–Persoalan tunggakan listrik untuk Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang dimatikan pihak PLN terus menjadi polemik bagi Pemkab Sarolangun. Kemarin (5/9) PJ Bupati Sarolangun, Arief Munandar mengadakan rapat bersama pihak PLN Cabang Sarolangun.

Dalam rapat tertutup itu, PJ Bupati Arief Munandar, meminta kepada PLN Sarolangun untuk menghidupkan Lampu Penerangan Jalan Umum. “Kita mengadakan rapat bersama pihak PLN memang membahas persoalan lampu jalan itu,” kata Arief Munandar.

Lanjutnya, bahwa pihak Pemkab Sarolangun meminta agar lampu jalan segera dihidupkan. Dan Pemkab Sarolangun sudah menganggarkan untuk melunasi tagihan listrik kepada pihak PLN.

Ditanya persoalan penganggaran yang dilakukan Bappeda Sarolangun untuk perawatan dan pembayaran listrik Lampu Penerangan jalan, Kepala Bapeda Sarolangun, Ir Dedy Hendri menyebutkan, bahwa pihaknya sedikitpun tidak mengurangi penganggaran tiap tahunnya. Namun, teknis pada tahun 2016 berbeda pada tahun sebelumnya.

“Kita cuma tidak mau terjadi Silpa pada APBD murni seperti tahun-tahun sebelumnya, dan anggaran untuk perawatan dan pembayaran listrik Lampu penerangan jalan ini, pada 2016 kita bagi dua, pada APBD murni ditotalkan 1,3 Milyar, dan di APBDP kita lakukan penambahan dengan anggaran 1,7 Milyar, jadi pos anggaran itu tetap 3 Milyar pertahunnya,”jelas Dedy Hendri.

Sementara, Kepala Bagian Umum Setda Sarolangun, Waldy juga sudah memastikan lampu penerangan jalan di Kota Kabupaten Sarolangun akan segera dihidupkan.

“Hasil rapat bersama Pak Bupati tadi, tagihan itu akan segera dibayarkan pada APBDP, dan pihak PLN sudah menerima jawaban dari Pemkab Sarolangun, dan masyarakat tidak perlu resah lagi,”katanya.

Untuk diketahui, jalan lintas Sumatera, atau jalan dalam kota Kabupaten Sarolangun tampak gelap dalam beberapa waktu terakhir. Penerangan di jalan protokol yang menjadi cermin wajah kota ketika masuk dari kota Jambi menuju kota Kabupaten Sarolangun ini, hanya mengandalkan cahaya dari lampu-lampu kendaraan yang melintas.(se9)