sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Petugas Medis Nusantara Sehat Mulai Bekerja di Batangasai

BERTUGAS: Tampak Wabup H Hillalatil Badri, Kadis Kesehatan H Adnan poto bersama dengan tim medis Nusantara Sehat yang akan berangkat ke Kecamatan Batang Asai. Poto:wahid

SAROLANGUN – Kabupaten Sarolangun menjadi satu-satunga Kabupaten di Provinsi Jambi pada tahun 2017 ini mendapatkan bantuan tenaga medis dari program Kementerian Kesehatan RI, untuk mendapatkan tenaga medis di daerah terpencil.

Bahkan program itu sudah ada MoU langsung Kementerian Kesehatan dengan Pemda Sarolangun, yang dalam hal ini Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra.

Program tersebut setelah di MoU kan, langsung bisa direalisasikan oleh Kementerian Kesehatan, sebangak 6 orang petugas medis sudah tiba di Kabupaten Sarolangun dan siap berangkat ke Batang Asai yang menjadi daerah tujuan atau sasaran dalam program Menkes ini.

6 petugas medis itu terdiri dari satu orang dokter, satu orang perawat, satu orang petugas Gizi, satu orang tenaga kesehatan lingkungan, satu orang tenaga kesehatan masyarakat, dan satu orang bidan.

[junkie-button url=”http://sarolangunonline.com/ce-berhasil-perjuangkan-tim-nusantara-sehat/” style=”green” size=”small” type=”square” target=”_self”] Baca : CE Berhasil Perjuangkan Tim Nusantara Sehat [/junkie-button]

[junkie-button url=”http://sarolangunonline.com/gunakan-obat-diluar-bidan-harus-gandeng-apoteker/” style=”orange” size=”small” type=”square” target=”_self”] Gunakan Obat Diluar, Bidan Harus Gandeng Apoteker [/junkie-button]

Ketua tim dalam kelompok Nusantara Sehat (NS), dr Rizkia Bresmaniono Sitanggang kepada koran ini mengatakan bahwa pihaknya sudah siap mengabdi di Kecamatan Batang Asai, untuk menjalankan misi membantu kesehatan masyarakat.

“Kita sudah siap membantu warga batang asai bersama tim yang akan terus semangat, sebanyak 6 orang, perawat, gizi, ksehatan lingkungan, kesehatan masyarakat dan bidan,” katanya.

Disana, Mereka (tim NS) akan melakukan upaya promotif dan preventif kesehatan masyarakat, seperti memberikan penyuluhan dan edukasi tentang kesehatan, mendata permasalah kesehatan dan penanganan yang akan dilakukan.

“Kita akan koordinasi dengan Puskesmas, bagaimana untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, dan kita akan lakukan penyuluhan ke desa-desa,” jelasnya.

Sementara itu Kadis Kesehatan H Adnan, M.Kes, setelah mendampingi Tim Nusantara Sehat menemui Bupati Sarolangun Cek Endra, mengatakan, dengan kedatangan petugas medis dari pusat itu bisa membantu kesehatan masyarakat, di Kecamatan Batang Asai.

Iapun akan mendukung para medis ini, termasuk fasilitas yang dibutuhkan seperti tempat tinggal dan kendaraan selama bekerja di sana, yakni dua tahun lamanya.

“Harapan kita bisa terbantu kesehatan masyarakat di Batang Asai, semua desa. Kita komit akan support, kalau gajinyakan langsung dari kementerian kesehatan, pusat, namun seperti fasilitas kendaraan akan kita dukung. Sesuai instruksi pak bupati, secara umum pak bupati sangat  senang sekali dengan adanya program NS ini, dan mulai hari ini (kemarin, red) mereka (tim medis) sudah mulai bekerja,” pungkasnya.(so31)