sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Petani Warga Jernih Sepakat Tanam Padi Serentak

AIR HITAM UTAMASAROLANGUN-Warga Jernih Kecamatan Air Hitam sepakat melakukan tanam serentak padi sawah. Kesepakatan tersebut dilakukan Senin malam (29/8) lalu. Petani menyepakati bahwa kelompok tani bersama bersama para pihak terkait yang hadir yakni mulai dari pembersihan lahan ditetapkan pada 31 Oktober 2016, penyemaian benih padi 1 Oktober sedangkan tanam serentak dijadwalkan pada 15 Otober 2016.

Camat Air Hitam Suryadi ditemui oleh harian ini, mengatakan, bahwa sosilisasi itu dilakukan dalam rangka cetak sawah program Padi Jagung Kedelai (Pajale) yang ada di Desa Jernih yang luas lahan mencapai 105 Hektar terdiri 6 kelompok tani cetak sawah baru antara lain Legung Gamang, Pematang Bulan, Sawah Maukut ,Padang Kerbau, Muaro Cingkuang dan Padang Bumur.

Untuk itu dirinya sangat berharap agar instansi terkait dalam hal ini dinas pertanian dapat memberikan bantuan sarana produksi seperti alsintan, benih padi, dolomite, dan pupuk.

Dirinya juga meminta dari pihak Badan Peyuluh Pertanian dan BP3K kecamtan Air Hitam dapat membantu mengoptimalkan tenaga, sehingga target swasembada beras Kecamatan Air Hitam dapat tercapai, serta dengan luas sawah mencapai 1.200 Hektar yang tersebar di sembilan desa di Kecamatan Air Hitam.(so30)

.