sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Petani Ladang Panjang Lakukan Penanaman Serentak

serentak-emas
SERENTAK: Tampak penanaman padi serentak di Ladang Panjang, kemarin. Poto:birin

SAROLANGUN-Dalam rangka peningkatan produksi padi, Rabu (21/9) dilakukan gerakan tanam serentak di lokasi cetak sawah tahun 2016 di wilayah Kodam II/SWJ di Desa Ladang Panjang Kecamatan Sarolangun.

Tampak hadir Mayor CHB Mentomeri, ST, Danramil 04/Sarolangun Kodim 0420 Sarko, Kadis Pertanian Dulmuin, SP, Camat Sarolangun Drs. Muhammad Idrus berserta BP3K dan ketua kelompok tani Desa Ladang Panjang Sulaiman, SH.

Mayor Mentomeri, ST kepada media ini mengatakan, bahwa untuk tanam padi serentak di Desa Ladang Panjang merupakan penanaman perdana karena selama ini di Desa Ladang Panjang belum ada lahan persawahan.

“Jadi tanam serentak di Desa Ladang Panjang ini merupakan yang perdana, karena menurut informasi dari kelompok tani di daerah ini, Desa Ladang Panjang rupanya sebelumnya memang belum ada lahan persawahan,’’ ujar tentara dengan satu melati di pundaknya ini.

Baca Juga : Program Cetak Sawah Gagal, Petani Ladang Panjang Dideadline

Kepala Dinas Pertanian, Dulmuin, SP, saat diwawancara oleh harian ini mengatakan, sesuai dengan amanat pemerintah untuk mengembangkan produksi beras, maka program tanam serentak terus diupayakan. Bahkan untuk di Kabupaten Sarolangun penanaman serentak dilakukan di tiga tempat.

“Yang pertama di tempat kita sekarang ini (Ladang Panjang, red), ke dua Desa Baru Kecamatan Air Hitam dan yang terakhir di Desa Teluk Mancur Kecamatan Bathin VIII,’’ terang Dulmuin.

Berdasarkan pantauan Sarolangun Ekspres, disela-sela penanaman serentak di Desa Ladang Panjang juga dilakukan pemberian bantuan alat pertanian seperti 1 unit headspayer, 2 unit mesin air, satu dari Dinas Pertanian 1 lagi dari Kodim 0420 Sarko, ditambah lagi 2 unit mesin rumput.(so30)