sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Perusahaan Ritel di Sarolangun Kembali Menimbulkan Polemik

POLEMIK: Tampak salah satu gerai Alfamart, raksasa perusahaan ritel yang banyak dijumpai di Kabupaten Sarolangun. Poto:adi

SAROLANGUN-Sejumlah Fraksi di DPRD Kabupaten Sarolangun meminta Pemkab Sarolangun tidak lagi mengeluarkan izin terhadap raksasa perusahaan ritel Alfamart dan Indomaret. Sebab keberadaan Alfamart dan Indomaret dinilai menghambat keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pedagang dengan modal sedikit yang berada di sekitar usaha ritel berdiri.

Menanggapi hal tersebut Sekda Sarolangun Drs H Thabroni Rozali, MM, saat menyampaikan jawaban Pemkab terhadap pandangan umum Fraksi di DPRD terhadap LKPJ Bupati Sarolangun Tahun 2016 kemarin (15/5) mengatakan, usulan dewan agar Pemkab tak lagi mengeluarkan izin Alfamart dan Indomaret akan menjadi perhatian Pemkab kedepannya.

Namun kata Sekda Pemkab juga tak bisa secara langusng menolak dan menghalangi investasi yang masuk ke Kabupaten Sarolangun. Sebab investasi yang masuk juga membawa dampak positif salah satunya terbukanya lapangan kerja.

“Kita secara langsung tidak dapat menghalangi investasi,
tetapi kedepan kita lebih selektif dalam perizinan untuk Afmart dan Indomaret,” ucap Sekda.

Selain itu menurut Sekda, Pemkab secara terus menerus juga melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap keberadaan UMKM sehingga bisa bersaing dengan pemodal besar.

Sementara itu Ketua Umum PMII Cabang Sarolangun Hengki Tornando, saat dihubungi harian ini mengatakan, keberadaan Alfamart dan Indomaret memang menimbulkan pro dan kontra di tengah masyarakat. Bahkan sudah kian menjamur di tengah masyarakat.

Pada prinsipnya kata Hengki, jika keberadaan Alfamart dan Indomaret di Kabupaten Sarolangun tidak sesuai aturan yang berlaku maka PMII yang menjadi garda terdepan untuk melakukan penolakan.

“Tapi jika mereka (Alfamart dan Indomaret) sudah memiliki izin dan memenuhi segala aturan yang ditetapkan, apasalahnya mereka melakukan investasi di Kabupaten Sarolangun,” tandasnya.

Pantaua harian ini keberadaan Alfamart dan Indomaret terus bertambah banyak. Tidak hanya dalam kota Indomaret dan Alfamart sudah merambah ke desa-desa.(so9)