sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Perusahaan Nakal Beroperasi di Sarolangun, Bayar Gaji Pekerja Dibawah UMP

SAROLANGUN-Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Kabupaten Sarolangun mencium perlakuan tidak layak oleh perusahaan pada pekerjanya, yakni hanya memberi upah Rp 1,2 juta perbulan. Kondisi tersebut berbanding terbalik dengan UMP Provinsi Jambi yang sudah mencapai Rp 2 juta lebih.

“Ada perwakilan karyawan menyampaikan keluhannya pada kami, namun belum berbentuk laporan resmi,”ujar H Arsyad MPdI Kepala Disnaker Sarolangun, kemarin.

Menurut Arsyad, selaku badan usaha yang beroperasi di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Sarolangun sudah seharusnya mentaati dan tunduk pada aturan yang sudah dibuat oleh Pemerintah Provinsi Jambi dengan memberi upah atau gaji karyawan setara dengan UMP.

”Yang penting jangan kurang dari UMP, kalau perusahaan mampu lebih sangat bagus,”tambahnya.

Disinggung apa langkah Disnaker Sarolangun kedepannya terkait informasi tersebut, Arsyad belum bisa mengambil langkah terlalu jauh, karena baru sebatas informasi dan pekerjanya belum membuat laporan resmi.

“Kalau sudah ada surat laporan resminya pasti kita panggil perusahaannya,”tegas Arsyad.

Oleh karena itu, Arsyad kembali mengingatkan para perusahaan di Kabupaten Sarolangun untuk tidak mengangkangi ketentuan yang sudah berlaku, sehingga tidak ada masyarakat atau pekerja yang dizalimi.

“Pada prinsipnya setiap mempekerjakan orang wajib setara UMP, jika sudah terbentuk UMK harus mengikuti itu,”tandasnya.(so10)