sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Pendaftaran Cakada Dimulai 21 September

SAROLANGUN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun dalam waktu dekat bakal membuka masa pendaftaran calon kepala daerah (cakada) yang akan bertarung di Pilbup Sarolangun bulan Februari tahun depan.

Menurut data dari Kantor KPU Sarolangun kemarin, masa pendaftaran tersebut dibuka pada tanggal 21 september 2016 hingga tanggal 23 September 2016, sehingga diminta pada bakal calon kepala daerah untuk memanfaatkan waktu tersebut.

Ali Wardana, Komisioner KPU Sarolangun saat dihubungi harian ini sore kemarin (13/9) mengatakan, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan para bakal calon kepala daerah, seperti syarat minimal jumlah dukungan bakal pasangan calon  dari partai politik dan gabungan partai politik pemilihan bupati dan wakil bupati sarolangun tahun 2017 sebanyak dua puluh persen dari jumlah anggota DPRD Sarolangun periode 2014-2019, atau sebanyak tujuh kursi dari tiga puluh lima kursi di DPRD Sarolangun.

Atau dua puluh lima persen dari jumlah suara sah hasil pemilihan umum tahun 2014, yaitu sebanyak 40.205 suara, dari 160.819 suara sah.

“Jadwal penyerahan dokumen dukungan selama tiga hari, mulai tanggal 21 hingga 23 september 2016, yang bertempat di kantor KPU Sarolangun, pada jam kerja pukul delapan pagi hingga pukul empat sore,”ujar Ali Wardana.

Untuk menghindari kebersamaan waktu pendaftaran, KPU Sarolangun meminta pada bakal calon kepala daerah untuk mengkordinasi waktu dengan KPU Sarolangun melalui penghubung, yang sudah diberikan surat mandat.

“Nanti saat pendaftaran para pasangan calon harus hadir, termasuk pengurus partai pengusung, Ketua dan Sekretaris,”tandasnya.(so10)