sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Pemkab Tanjabbar Perkuat Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah

KUALATUNGKAL- Untuk memperkuat akuntanbilitas kinerja instansi yang ada dilingkungan pemkab tanjabbar perlu dilakukan untuk itu dibentuklah Forum Group Discussion (FGD) tentang penguatan akuntanbilitas kinerja pemerintah daerah kabupaten tanjabbar. Acara ini dibuka oleh Sekda Kabupaten Tanjabbar Drs H Ambok Tuo MM, di aula kantor Bapeda Tanjabbar.(26/10)

Sekda Kabupaten Tanjabbar, Ambok Tuo mengatakan, kegiatan FGD ini sangatlah penting karena menyangkut dengan laporan kinerja pemerintab daerah yang akan menjadi bahan penilaian dan evaluasi oleh kementerian pendayagunaan aparatur serta sebagai gambaran kemajuan dan penyerapan anggaran. Semula Tanjabbar mendapat nilai 50,91 atau predikat CC kedepannya untuk dapat predikat BB. ” Saya memandang forum ini suatu hal yg strategis untuk meningkatkan pemahaman dan persamaan persepsi tentang sakip kaitannya dengan pelaksanaan tugas dan fungsi kinerja aparatur secara akuntabel” ujar sekda.

Untuk itu beliau berharap penyusunan perubahan RPJM harus agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dengan harapan agar penyusunan Lakip dapat dipahami dan disinergikan sesuai dengan visi misi dan RPJMD. ” Harapan pemerintah dan harapan kita kedepannya Anggaran negara kita baik pusat dan daerah menjadi anggaran berbasis kinerja, yaitu anggaran yg dihitung dan disusun berdasarkan perencanaan kinerja atau Output dan Outcome yang diinginkan masyarakat” pungkasnya.

Dalam hal ini memerlukan perhatian khusus dari beberapa SKPD tertentu seperti Program pembangunan jalan dan jembatan dengan Outcome pembangunan jalan dengan Konektifitas, program pengembangan kinerja pengelolaan air minum dengan Outcome persentase penduduk yang mendapatkan air bersih yang layak, program pelayanan kesehatan masyarakat dengan Outcome. ” Maksud dan tujuan kegiatan ini, memberikan pemahaman terhadap aparatur dalam membuat lakip sesuai dengan tatacara dan prosedur yang benar dalam upaya menyelaraskan antara RPJMD dan RPJMN, ” tandasnya. (SO29)