sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Pemkab dan JE Gelar Seminar Keuangan Bebas Jerat Hukum

SEMINAR: Poto bersama usai pelaksanaan seminar. Photo : wahid

Pejabat Takut, Serapan Anggaran Terhambat

SAROLANGUN-Pemerintah Kabupaten Sarolangun bersama Harian Pagi Jambi Ekspres (JE), menggelar seminar keuangan dengan cara aman kelola anggaran dan bebas jerat hokum. Seminar berlangsung di ruang pola kantor Bupati Sarolangun, Kamis (12/10) berlangsung dengan sukses.

Kegiatan itu dibuka Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Hazrian, SE, dihadiri Redaktur Jambi Ekspres, Ahmad Muzir SPd, Kepala DPPKAD Drs H Iskandar, MM, Kadis DP3A Febriati SE, Kabag Kesra H Juddin, S.Ag, Staf Intel Kejari Ardi Herliansayah, SH, Polres Sarolangun diwakili Ipda Nelson serta Karyawan Jambi Ekspres dan peserta dari Jajaran OPD dalam lingkungan Pemkab Sarolangun.

Redaktur JE, Ahmad Muzir SPd, dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan kegiatan seminar ini merupakan kerja sama antara Jambi Eskpres dengan Pemerintah Daerah dan di Kabupaten Sarolangun dilakukan untuk pertama kalinya.

“Pejabat takut terkena jerat hukum, akibatnya penyerapan anggaran terhambat, makanya tujuan kita adakan ini bagaimana cara aman mengelola keuangan agar tidak terjerat hukum,” katanya.

Selain itu lanjutnya, kegiatan ini akan dilaksanakan di setiap kabupaten, dengan harapan setiap OPD bisa ikut dan juga bendahara, dengan harapan penyerapan anggaran bisa cepat.

“Kita media Jambi Ekspres arahnya akan semakin cerdas memberitakan, dan Jambi Ekpres dianggap paling peduli membantu pemerintah,” jelasnya.

Sementara itu Asisten I Bidang Pemerintahan, Hazrian SE mengatakan, pengelolaan keuangan daerah sesuai peraturan pemerintah, bahwa sistim anggaran yang berbasis transparansi dan akuntabel. Maka dari itu, Pedoman bagi pemerintah daerah mengenai pengelolaan keuangan daerah sudah tercantum dalam undang-undang, maka diharapkan seluruh pegawai di jajaran OPD bisa memahami dan melaksanakan aturan tersebut.

“Sekarang hukum sudah tegas, apalagi berkenaan masalah keuangan, jadi ikuti dengan baik dan serius, saya kira hanya itu yang dapat saya sampaikan, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim acara seminar keuangan kelola anggaran dan bebas jerat hukum saya nyatakan dibuka,” sebutnya.

Kegiatan itu juga diselingi dengan pemberian materi oleh Kadis DPPKAD Drs H Iskandar MM, mengenai pengelolaan keuangan daerah di daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Kejaksaaan Sarolangun oleh Staf Kasi Inteligen Ardi Harliansyah, SH dan Polres Sarolangun disampaikan Ipda Nelson Hariansyah.(so31)