sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Pemegang DO dan PT Caritas Sepakati Perjanjian Angkutan

PERTEMUAN: Tampak pertemuan antara pemegang DO dengan perusahaan. Poto:adi

SAROLANGUN-Persoalan pengangkutan batubara milik PT Metalik Bara Sinergi (MBS)/PT Caritas Energi Indonesia (CEI) yang beroperasi di Kecamatan Sarolangun mememui titik terang. Dimana sebelumnya, terjadi permasalahan Delivery Order (DO) antara pemegang DO asal Desa Ladang Panjang dengan pemegang DO asal Tanjung Rambai Kelurahan Gunung Kembang.

Titik terang diperoleh setelah adanya pertemuan antara para pemegang DO dengan pihak perusahaan, yakni PT MBS/PT CEI, Selasa (10/4). Dalam pertemuan diperoleh kesepakatan antara para pemegang DO dengan perusahaan. Kesepakatan tersebut demi kelancaran proses pengangkutan batubara dari Sarolangun ke Jambi dan agar tidak terjadinya gesekan sesama pemegang DO.

Camat Sarolangun, M Idrus memaparkan hasil kesepakatan, bahwa stock batu bara di stockpile Tanjung Rambai dan Ladang Panjang jumlah stock batu baranya diserahkan ke pihak perusahaan, tergantung factor cuaca dan kondisi jalan coal getting.

“Jumlah alat berat yang dioperasikan di stockpile Tanjung Rambai dan Ladang Panjang juga diserahkan ke perusahaan, tergantung cuaca, jalan dan jumlah truck batu bara yang akan muat,”jelasnya.

Diterangkan M Idrus, hal yang berkaitan dengan hauling akan disampaikan ke pemegang DO, paling lambat pagi hari sebelum dimulainya hauling.

“Setiap pemegang DO tidak akan melakukan pengambilan truck dan intimidasi ke sopir truck yang merupakan truck pemegang DO lain, apabila dilanggar pemegang DO siap diberi sanksi oleh perusahaan,”sebutnya.

Selain itu, pemilik  DO sepakat bahwa setiap pemilik DO diperbolehkan mengangkut batu bara di stockpile Tanjung Rambai yang memiliki kondisi jalan lebih baik daripada stockpile Ladang Panjang.

“Pengoperasian stockpile Ladang Panjang bersifat sementara tergantung arahan dari perusahaan atas dasar berbagai pertimbangan,’’ katanya.

Perlu diketahui, keenam pemegang DO yang menyepakati perjanjian tersebut, yakni Lihin, Asad dari Desa Ladang Panjang. Kemudian Mustofa, Naim, Rifat dan KUD dari Tanjung Rambai. Sedangkan dari pihak PT MBS/PT CEI, yakni Aris Winarso, H Chandra dan Denro Damanik.

Pertemuan antara kedua belah pihak tersebut tersebut difasilitasi oleh Camat Sarolangun, M Idrus didampingi Kasat Intel Polres Sarolangun, AKP Deni Mulyadi, Wakapolsekta Sarolangun, Ipda Salirman, pejabat dari Kesbangpollinmas. Selain itu juga dihadiri Humas PT CEI, Aris Winarso dan Lurah Gunung Kembang, Dedi.(so9)