GERBANG INFORMASI KITO

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bendung Batang Asai

M Majid, Bupati Cek Endra, Kapolres, Kepala Balai Sungai dan Kepala BPN menekan tombol sirena secara bersama tanda dimulainya pembangunan Bendung Batang Asai

SAROLANGUN-Peletakan batu pertama proyek pembangunan Bendung Batang Asai di Desa Kampung Tujuh, Kecamatan Cermin Nan Gedang Rabu (15/11) kemarin berlangsung dengan sukses. Mega proyek yang menelan dana ratusan miliar itu akan berlangsung 2017-2019.

Penyerahan prasasti bendung Batang Asai oleh Diriktur Irigasi dan Rawa M Majid kepada Bupati Sarolangun Cek Endra

Peletakan batu pertama pembangunan Bendung Batang Asai dihadiri Direktur Jendral (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, yang diwakili Direktur Irigasi dan Rawa, Muhammad Majid, SP, Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra, Kepala Balai Sungai Sumatera VI, Nurfajri, ST, Kapolres AKBP Dadan Wira Laksana, MAP beserta jajarannya. Hadir juga Kadis DPKPP H Arif Ampera, Peltu Kadis PU Ibnu Ziyadi, Kepala BPN Sarolangun Mubarok, Camat CNG Hadami Haris, Kades Kampung Tujuh Badri, dan tokoh masyarakat setempat serta undangan lainnya.

Kepala Balai Sungai VI Sumatera, Nurfajri mengatakan, pembangunan Bendung Batang Asai ini dilakukan dilahan seluas 13,8 hektar. Pembebasan lahan sudah selesai dilakukan 2016 yang lalu. Pembangunan terlaksana berkat perjuangan berbagai pihak termasuk dukungan dan kegigihan Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra.

“Hanya satu pemilik lahan yang belum selesai, uang ganti rugi masih di PN Sarolangun karena masih bermasalah keluarga, kemudian Saluran primer baru selesai inventarisasi, dan akan memasuki tahap peta bidang tanah dan nominatif, Insa Allah akhir tahun ini akan diselesaikan. Untuk pembebasan jariangan sudah ada anggaran 13,5 milyar seluas 20 hektar,” katanya.

(Dari kanan) Kapolres AKBP Dadan Wira Laksana, Bupati Cek Endra, Direktur Irigasi dan Rawa M Majid.

Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra dalam sambutannya mengatakan, ke depan Pemkab Sarolangun akan terus mendukung program pembangunan Bendung Batang Asai ini. Ia meyakini program ini jangka panjang, karena akan bisa dinikmati hingga berpuluh-puluh tahun yang akan datang.

“Bendungan ini akan berpotensi mengairi sawah baru seluas 5.850 hektar, tentunya akan berdampak untuk kesejahteraan masyarakat Sarolangun, saya mengucapkan terimakasih program pusat ini, dan hadir di Sarolangun, untuk mewujudkan ketahanan pangan,’’ katanya.

Sementara itu Diriktur Irigasi dan Rawa, Muhammad Majid mengatakan pembangunan ini dapat diselesaikan pada tahun 2019 mendatang, saat ini masih pembangunan konstruksi bendungan, sementara jaringannya belum dikerjakan dan akan dimulai tahun 2018 mendatang.

“Kita berharap tidak ada kecelakaan kerja dan insiden, dan komunikasi dengan lingkungan agar dijaga dengan baik,” tukasnya.

Kadis DPKPP Arif Ampera, Plt Kadis PU Ibnu Ziadi, Kepala BPN Mubarrok, Kades Kampung Tujuh Badri beserta kepala OPD lainnya dan tamu undnagan

Kegiatan itu juga di selingi dengan membunyijan sirene tanda dimulainya pembangun Bendung Batang Asai, secara bersamaan oleh Bupati Cek Endra, Direktur Irigasi dan Rawa Muhammad Majid, Kepala Balai Sungai, Kapolres dan Kepala BPN Sarolangun dan penyerahan prasasti bendung Batang Asai oleh Direktur Irigasi dan Rawa Muhammad Majid kepada Bupati Cek Endra.(so31)