HUKUM & KRIMINAL

Pelaku Bersenpi Rampok  Alfamart Tembesi

RAMPOK: Suasana Alfamart Muara Tembesi Pasca perampokan. FOTO: RADEN SUHUR

Sekap Dua Karyawan

MUARABULIAN- Aksi kawanan perampokan di Alfamart RT 03 Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari, sekira pukul 22.00 Wib Selasa  (22/1), Pelaku yang diduga lebih dua orang tersebut mulai bergerak ketika minimarket tersebut hendak tutup.

Dua pelaku menggunakan helm dan masker menerobos masuk, dan langsung mengancam dua karyawati Adinda (18), karyawan Alfamart, RT 05 RW 03, Kecamatan Muara Tembesi dan Nila Nirwana (19),  warga RT 03 Desa Paku Aji Kecamatan Batin XXIV,  Batanghari.

Saat itu, Mila dan Dinda sedang menghitung uang milik perusahaan. Hanya saya, pintu utama minimarket tidak seluruhnya ditutup. Kesempatan ini yang dimanfaat pelaju untuk menerobos masuk. Mereka langsung menodongkan benda berupa pistol dan senjata tajam ke arah korban.

Selanjutnya, pelaku menggiring korban ke lantai dua ruko. Korban diikat. Sementara mulut korban disumpal dengan pampers. Setelah berhasil mengamankan karyawan, pelaku menanyakan kunci brankas dan mencabut reciver CCTV.

Usaha pelaku mendapatkan uang di dalam brankas tidak berhasil, karena kunci brankas tidak ada. Perampok berhasil membawa kabur uang yang ada dilaci kasir Alfamart.

“Pelaku menguras uang yang sedang dihitung karyawan. Sekitar Rp 10 juta lebih,. Karen ada laci milik Alfamart dan pembayaran angsuran dan cicilan lainnya,” kata Irman, warga sekitar tempat kejadian perkara.

Irman menerangkan, aksi perampokan tersebut baru dikatahui warga setelah kedua karyawan yang disekap para pelaku berhasil kabur. Mendapat kesempatan kabur, korban kabur dengan menuruni paralon belakang ruko.

“Korban kerumah saya, mengatakan ‘kami di rampok’. Selanjutnya warga berusaha mengepung ruko, tapi para pelaku sudah kabur,” ungkapnya ketika ditemui di TKP. “Korban luka, mungkin tergores saat turun dari paralon,” tambahnya.

Informasi lain yang diperoleh, menyebutkan, pelaku merampas reciver CCTV Alfamart. Mereka sudah memprediksi ada CCTV yang akan merekam aksi tersebut.

Kapolsek Muara Tembesi Iptu Orivan Irnanda, menerangkan, pelaku diduga lebih dua orang. Menurut informasi, pelaku berjumlah empat orang dengan menggunakan dua sepeda motor.

“Pelaku sekitar empat orang, karena dua orang di dalam dan diperkirakan dua orang lainnya menunggu di motor di luar Alfamart. Menurut keterangan saksi, pelaku menodongkan benda berupa pistol dan pisau,” ungkapnya.

Menurut kapolsek, dalam aksinya pelaku menggunakan helm dan masker untuk menutupi identitas. Setelah melakukan olah TKP, kini tim polsek dan polres masih melajukan penyelidikan dan upaya pencarian pelaku.

“Personel dan di bantu unit buser sat reskrim sedang melakukan penyelidikan terhadap pelaku.  Kerugian uang Rp 10 juta, dua unit HP dan 1 unit tablet,” ungkapnya ketika ditemui di Polsek Muara Tembesi usai pemeriksaan korban perampokan, tadi malam.

Sementara dua korban usai pemeriksaan, sekira pukul 01.25 Wib, dini hari. Enggan memberikan keterangan banyak. Ia menolak karena masih trauma pasca kejadian yang dialaminya. Sementara, ada perban di dagu salah seorang korban. “Besok aja, masih trauma. Kami kabur dari lantai tiga dengan menggunakan paralon yang ada di belakabg ruko,” tandasnya. (hur)