sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Pelabuhan di Kuala Tungkal Sepi Pemudik

SEPI: Pelabuhan LASDP Kuala Tungkal terlihat sepi dari pemudik. Foto:Dika

KUALA TUNGKAL  – Pelabuhan LASDP Kuala Tungkal, Kamis pagi (23/4) masih terpantau ramai dengan penumpang yang datang ke Pelabuhan dengan menggunakan transportasi laut. Informasi yang diterima bahwa penumpang tersebut merupakan warga yang masih dalam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Namun, berbeda dengan penumpang yang dari Kuala Tungkal untuk ke luar. Sementara itu, disampaikan oleh Abdul kadir Fauzi, seorang pemilik agen yang ada di Pelabuhan menyebutkan bahwa adanya larangan mudik ini berimbas pada penumpang yang menggunakan jasanya. Berdasarkan data pembukuan yang ada selama April ini penurunan penumpang cukup drastis.

“April paling banyak itu 10 orang yang beli tiket disini. Itu pun paling banyak, ada yang satu hari hanya tiga orang,” ujarnya

Lebih lanjut Ia menyebutkan bahwa sebelum adanya Pandemi Covid 19 ini, satu minggu atau bahkan satu hari menjelang puasa ramadan, setidaknya ada sekitar 50 sampai 60 orang perhari yang membeli tiket untuk pulang di jelang puasa ramadan. Saat ini penumpang yang membeli tiket inipun rerata hanya memesan untuk perjalanan ke Riau.

“Ini paling ke tembilahan, sekitar tembilahan lah penumpang yang pergi dari tungkal ini,” katanya

Sementara itu, saat ditanya apakah ada penumpang yang membeli tiket untuk ke Batam. Kata Abdul kadir Fauzi, ditempatnya tidak menyediakan tiket untuk perjalanan ke Batam. Namun, dari informasi rekannya yang bekerja untuk keberangkatan ke Batam sudah tutup.

“Kalau batam sudah lama dak ada yang melayani ke sana. Dari awal April sudah tutup,” ungkapnya

Pantauan di lokasi pelabuhan, turut ada posko pemeriksaan untuk penumpang yang datang. Penumpang di cek suhu tubuhnya dan dilakukan wawancara terkait perjalanan yang dilakukan dan pemeriksaan identitas diri.(se33)