GERBANG INFORMASI KITO

‘PASRAH’ Inovasi Baru Atasi Sampah

Camat Pall Merah, Musrida memnyematkan rompi pada anggota PASRAH. Foto:mardiansyah

JAMBI – Dalam upaya  menjaga kebersihan lingkungan dari sampah, Kecamatan Pall Merah launching inovasi baru, yakni Persatuan Angkutan Sampah Pall Merah (PASRAH).

Inovasi yang dilauncing langsung Wakil Walikota Jambi, Maulana, di Kantor Kecamatan Pall Merah, Kota Jambi, Senin (15/7/19) ini mengusung tema ” Melalui Launching Pasrah, Kita Wujudkan Paal Merah yang Bersih dari Sampah Terutama Sampah Plastik untuk Mensukseskan Jambi Terkini”.

Inovasi yang melibatkan masyarakat ini mendapat apresiasi dari Wawako Maulana. Karena menurutnya, tanpa melibatkan masyarakat tata pengelolaan sampah tidak akan berhasil.

“Saya menganggap ini adalah suatu inovasi yang baik karena melibatkan masyarakat. Jadi tata pengelolaan sampah ini tidak akan berhasil dilakukan oleh pemerintah tanpa melibatkan peran serta dari masyarakat,” ungkap Maulana.

Menurut Camat Pall Merah, Musrida, saat ini yang sudah tergabung kedalam Pasrah  sebanyak 16 gerobak motor dari 5 kelurahan, yakni Kelurahan Payo Selincah, Lingkar Selatan, Paal Merah, Eka Jaya, dan Talang Bakung.

“Kenapa timbul PASRAH, supaya sampah-sampah rumah tangga yang tidak terangkut atau warganya sulit mengantarkan sampah ke TPS, mereka memanfaatkan peserta ini. Dari mereka itulah petugas sampah ini akan mendapat imbalan Rp 20.000 setiap bulannya,” kata Musrida.

Lanjut Musrida, petugas yang direkrut dari kelurahan yang ada di Kecamatan Paal Merah ini akan diberikan pelatihan. Sehingga dengan mengikuti pelatihan nantinya sampah-sampah yang bisa diolah dapat menjadi barang yang bermanfaat. (mar)