sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Paska Kebakaran, aktifitas Pasar Normal Walaupun Sebagian Pedagang Masih Meratapi Nasib

kebakaran
Tampak Puing-puing sisa kebakaran. Photo : aji

SAROLANGUN–Kebakaran hebat kembali terjadi di Pasar atas Sarolangun, Sabtu (27/8) malam. Api mulai berkobar sekitar pukul 22.00 WIB. Api baru baru berhasil dipadamkan sekitar pukul  00.30 WIB dini harinya. Empat mobil Damkar, ditambah dua unit mobil milik PDAM dikerahkan ke lokasi. Kebakaran hebat yang menggegerkan warga tersebut sedikitnya terdata menghanguskan sebanyak 24 kios yang ditempati pedagang, terdiri dari pedagang manisan toko pakaian, pecah belah dan lainnya.

 ‘’Ada 24 Los yang hangus terbakar di Pasar Atas Sarolangun,” kata Mulyadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sarolangun, dihubungi, Minggu (28/8).

Dia menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi di Pasar Atas Sarolangun. Namun pihaknya sempat kewalahan memadamkan api karena kencangnya angin.

“Api baru berhasil kita padamkan sekitar tengah malam, setelah kita menurunkan empat mobil damkar,” ujarnya.

Sejauh ini lanjutnya, pihaknya belum mengetahui penyebab dari kebarakan tersebut. Sementara kerugian yang dialami juga masih dilakukan pendataan oleh dinas perdagangan.

“Besok (hari ini, red) baru kita tahu berapa total kerugian yang dialami, karena saat ini masih dalam pendataan dinas perdagangan,” tuturnya.

Sementara itu, pasca kebakaran yang terjadi, aktivitas pasar masih tetap berjalan seperti biasa. Namun para pedagang yang losnya ikut terbakar masih menatapi nasibnya.

“Para pedagang yang losnya terbakar saat ini masih shock. Mereka belum bisa dikonfirmasi,” kata Kabid Perdagangan, Hartini, kemarin.

Hartini mengungkapkan, para pedagang yang terkena musibah memang tak bisa menahan kepedihan. Sebab semua barang dagangan mereka, seperti pedagang kain, toko manisan dan sayur semuanya ludes terbakar.

“Habis semua tidak ada yang tersisa. Tidak ada pedagang yang bisa menyelamatkan barang daganggan mereka,” ucapnya.

Disinggung apakah pasca kebakaran lokasi pasar akan dipindahkan. Hartini mengatakan, mengenai hal itu masih akan dibahas terlebih dahulu dengan Pj bupati.

“Besok (hari ini, red) kita akan rapat mengenai hal itu di kantor bupati,” pungkasnya.(so9)