sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

OPINI..! Politik Bukan Benda Kotor, Politik Adalah Seni

arsadt-abdullah
Arsadt Abdullah

Penulis : Arsadt. S.H

“ Buta terburuk adalah buta politik. Tidak mendegar, tidak berbicara, dan tidak berpartisipasi dalam peristiwa politik. Orang buta politik tak sadar bahwa biaya hidup, harga kacang, harga ikan, harga tepung, harga rumah, harga sepatu dan obat, semuanya bergantung pada keputusan politik. Orang yang buta politik biasanya membanggakan sikap anti politiknya, membusungkan dada dan berkoar, ‘Aku benci Politik!’ sungguh bodoh dia, yang tak mengetahui bahwa karena dia tidak mau tahu politik, akibatnya adalah pelacuran, anak terlantar, perampokan, dan yang terburuk adalah, korupsi dan perusahaan asing yang menguras kekayaan negeri”

-Bertolt Brecht (Jerman 1898-1956)-

 Di Negara demokrasi era sekarang peran masyarakat sangat penting dalam memajukan Negara ataupun daerahnya, faktor terpenting yakni berpartisipasi dalam perpolitikan dalam negri, tentu yang dimaksud dalam negeri dalam hal ini tentulah bukan saja setingkat nasional tapi juga tingkat daerah.

Jika kita cermati, politik disini bukanlah suatu benda yang kotor, yang itu sangat buruk dalam konteks dewasa ini. Politik sejati nya adalah seni untuk mencapai sesuatu, baik itu kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Maka jika kita hidup dalam suatu system sosial bermasyarakat dalam kehidupan bernegara, bukanlah hal haram jika kita ikut berpolitik. Politik itu ibarat api, yang dimana disatu sisi jika digunakan oleh manusia yang tepat maka akan sangat bermamfaat, dan jika api ini digunakan oleh orang yang salah tentu akan membawa mudarat yang besar bagi manusia lainnya. Kembali lagi pada syair pertama yang penulis jabarkan, begitu dalam syair ini jika kita cermati, hal ini tentu karena kesadaran seorang Bertolt Brecht pada saat negaranya sebagai pencetus perang dunia kedua, yakni jerman, kebijakan-kebijakan politik yang di buat hadlof hitler saat mempimpin jerman saat itu sangat berdampak pada kondisi kestabilan jerman sendiri bahkan dunia. Bayangkan begitu besarnya pengaruh dari keputusan-keputusan politik yang dibuat oleh seorang anak manusia yang diberi mandat oleh rakyatnya untuk memimpin negaranya !!.>>>page 2