sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

OPINI..KESERAKAHAN MENGAKIBATKAN PENCEMARAN SUNGAI TEMBESI

sungai

Oleh : BIMA PANDU WINATA

Komiditi tambang yang memiliki nilai jual tinggi salah satunya logam mulia emas, dan itu menjadikan peminat usaha ini amatlah tinggi. Sehingga cara apapun akan ditempuh, baik mengantongi dokumen izin lingkungan ataupun tidak. Penambang yang tidak memiliki dokumen lingkungan disebut Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) biasanya penambangan dengan skala kecil dikenal juga di Sarolangun dengan sebutan pendompeng.

Peningkatan perekonomian dari hasil penambang ini sangat menjajikan dengan mengesampingkan dampak negatif yang akan merugikan lingkungan. Tanpa pengelolaan yang baik, limbah hasil buangan dari penambangan dapat menurunkan kualitas lingkungan. Secara umum ada tiga proses penambangan mengakibatkan pencemaran lingkungan. Pertama, overburden atau tanah buangan hasil pengerukan. Kedua, tailing yang berpontensi besar mencemari air karena jumlah limbah yang dihasilkan besar. Dan ketiga, air asam tambang juga berpontensi ketika permukaan bumi dibuka sehingga unsur tanah tidak seimbang dengan udara.

Pada permasalahan ini pemakaian merkuri berlebihan pada ekstraksi logam mulia yang dibuang dibadan aliran air dapat mencemari sungai. Senyawa merkuri adalah satu-satunya logam yang pada suhu kamar berwujud cair, tidak berbau, berwarna keperakan, dan mengkilap. Merkuri juga dapat dijumpai di alam seperti di air dan di tanah, terutama deposit alam, limbah industri dan akivitas vulkanik. Apabila senyawa merkuri masuk ke sungai sangat berdampak bahaya bagi ekosistem air. Kerusakan lingkungan tidak hanya terletak pada lokasi tempat penambangan, akan tetapi pada masalah ini berdampak dari hulu hingga ke hilir.

Tingkat kekeruhan yang tinggi di Sungai Tembesi mengakibatkan air sungai berwarna cokelat kemerahan. Pada tahun 90an dan awal tahun 2000an di Sungai Tembesi ini adalah tempat bermain anak-anak kecil di sekitar bantaran sungai maupun anak-anak dari desa jauh dari bantaran, sekedar untuk mencari ikan, mandi, menikmati pemandangan sungai untuk bercanda ria dan sebagainya karena kejernihan dari sungai itu.>>>>halaman 2