sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Oallah… Kartu Keluarga Palsu Beredar Di Sarolangun

SAROLANGUN-Ada-ada saja ulah masyarakat untuk mendapatkan administrasi kependudukan. Apa yang terjadi? Kali ini ditemukannya Kartu Keluarga (KK) palsu di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Sarolangun, sehingga KK tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.

M Khalil SH, Plt Kadis Dukcapil Sarolangun kepada harian ini kemarin (6/12) mengatakan, terungkapnya KK palsu tersebut karena ada warga yang mengurus KTP-el, dan saat dicek kelengkapan berkasnya, ternyata menggunakan KK yang ditandatangani Kepala Desa (Kades).

“Kita tidak tahu motifnya apa, yang jelas kami menemukan warga Kecamatan Bathin VIII menggunakan KK yang ditandatangani kades, otomatis bahannya belum bisa diproses sampai dengan ada KK asli yang dikeluarkan Disdukcapil Sarolangun,”ujar Khalil.

Selain di Kecamatan Bathin VIII, Khalil juga menerangkan ada menemukan KK palsu di Kecamatan Singkut, namun dengan modus yang berbeda, dan tetap menggunakan tandatangan mirip tandatangan kepala dinas, sedangkan kertas yang digunakan lebih tebal dari kertas yang dikeluarkan Disdukcapil.

”Ada kemiripan, namun lebih tebal dari kertas yang kita keluarkan, disamping itu tandatangan kadisnya juga tidak terlalu mirip,”tambahnya.

Oleh karena itu Khalil mengingatkan pada masyarakat Kabupaten Sarolangun untuk tidak menggunakan perantara calo dalam membuat KTP-el, KK, maupun akta kelahiran, sebab sangat rawan dengan kepalsuan, belum lagi adanya pungli dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk ciri-ciri KK asli itu sendiri, Khalil menerangkan secara tulisan KK yang dikeluarkan Disdukcapil memiliki bentuk huruf khusus yang tidak sama dengan komputer lain, kertas blangko kusus dan banyak beberapa cirilainnya.

“Terkait proses pembuatan, jika syarat sudah lengkap dan tidak terlalu banyak yang mengajukan pembuatan KK, Insyaallah satu hari bisa selesai,”tandasnya.(so10)