sarolangunonline.com
Gerbang Informasi Kito

Netralitas TNI dalam Pilkada Harga Mati

netralitas-utama
Tampak Letkol Inf Budiawan Basuki dengan Letkol Inf I Nyoman YDP melakukan salam komando disela-sela acara pisah sambut Dandim Sarko.poto:wahid

SAROLANGUN–Jajaran Dandim 042 Sarko baru saja melakukan pisah sambut antara Dandim Letkol Inf Budiawan Basuki dengan Letkol Inf I Nyoman YDP, kemarin (05/10) di Markas Kodim 042 Sarko.

Letkol Inf Budiawan Basuki akan berangkat tugas ke Mabes TNI di Jakarta, sementara Letkol Inf I Nyoman YDP dari Korem Jambi, ditugaskan untuk menggantikan posisi Dandim 042 Sarko selanjutnya.

Ke duanya sama-sama sepakat untuk menekankan, agar aparat TNI menjunjung tinggi netralitas terhadap pelaksanaan Pilkada di Sarolangun pada 2017 mendatang.

“Untuk Pilkada Sarolangun, pertama saya tekankan anggota netralitas TNI, tidak ada saudara atau teman, semuanya harus netral, baik itu PNS atau TNI aktif,’’ kata Letkol Inf Budiawan Basuki.

Ia juga menyebutkan akan menyerahkan keadaan dan kondisi di Sarolangun, termasuk daerah yang rawan akan terjadinya konflik dalam Pilkada nanti. Termasuk akan memberikan masukan dalam menjalankan tugas Dandim ke depannya.

“Kalau daerah yang rawan nanti akan saya serahkan dengan pak Dandim baru, terutama dengan spot-spot, Pilkada Sarolangun berjalan dengan baik, aman dan damai,’’ harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 042 Sarko yang baru, Letkol Inf I Nyoman YDP, mengatakan bahwa netralitas TNI dalam menghadapi pemilu, baik Pilpres, Pilgub ataupun Pilbup, adalah komitmen yang tinggi yang menjadi harga mati bagi aparat TNI.

“Untuk Sarolangun, tahun depan akan ada Pilkada, sebagaimana yang disampaikan Letkol Budiawan adalah benar, Pilkada tetap kita netral, tidak ada perubahan, kita sebagai unsur Muspida tetap netralitas kita junjung, itu sudah harga mati dan komitemen, baik itu pilpres, pilgub atau pilbup,” sebutnya.

Ke depan, ia juga akan menerima masukan-masukan dari Dandim Letkol Inf Budiawan Basuki, dalam menjalankan tugas untuk melakukan pengabdian dan pengamanan kepada masyarakat dalam melaksanakan Pilkada Sarolangun.

“Kita akan koordinasi dengan Pemda, dan kepolisian, sesuai perminataan operasi bantuan,’’ tandasnya.(mg1)